Saturday, 29 Jan 2022

Yogyakarta Mengintensifkan Peluncuran Booster Untuk Memerangi Omicron

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis 13 Januari mulai mengintensifkan vaksinasi booster sebagai upaya mengantisipasi penularan cepat varian Omicron. Sebagai salah satu destinasi populer di Indonesia, kota ini diharapkan mampu mencegah lonjakan kasus, tidak seperti saat varian Delta melanda wilayah tersebut pada pertengahan tahun 2021.

"Booster vaksin diberikan dengan mengutamakan warga lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta, dengan mempertimbangkan risiko paparan yang lebih tinggi terutama varian Omicron terhadap mereka," kata Wakil Gubernur Yogyakarta Paku Alam X di sela-sela acara. vaksinasi dosis ketiga di Jogja Expo Center.


Read More : Tren Warna Rambut Tahun 2022 Untuk Tampilan Cantik dan Percaya Diri

Kota itu, kata Paku Alam, menargetkan 472.800 orang lanjut usia akan disuntik vaksin booster. Saat ini, vaksinasi primer di kota tersebut telah mencapai 98 persen, atau menempati urutan ketiga dari target vaksinasi nasional.

“Oleh karena itu, Yogyakarta bisa memulai booster rollout lebih cepat dibanding daerah lain,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Pembajun Setyaningastutie mengatakan peluncuran booster juga diprioritaskan untuk guru dan tenaga kependidikan. Vaksinasi dosis ketiga akan berlangsung hingga besok, 15 Januari, dengan target 5.000 peserta.



Read More : Indonesia Bercita-cita Menjadi Pusat Produksi Vaksin Global

“Menyusul para lansia dan tenaga kependidikan, program ini akan menyasar masyarakat umum,” ujarnya seraya menambahkan vaksin booster akan diberikan kepada 1.500 orang per hari.

Saat ini, hanya mereka yang memiliki Sinovac untuk vaksin utama mereka yang akan menerima booster; baik AstraZeneca atau Pfizer. “Bagi yang memiliki AstraZeneca untuk primary, vaksin booster rencananya akan diberikan minggu depan,” kata Setyaningastutie.





Loading...