Sunday, 22 Sep 2019

Ini Tanggapan HMI atas Pidato Visi Indonesia oleh Presiden Jokowi

news24xx


HMIHMI

NEWS24.CO.ID - Presiden  Joko Widodo sudah memaparkan visinya lewat pidato di Sentul, Jawa Barat, Minggu (14/07).  Pada periode kedua ini, Presiden Jokowi mengenalkan istilah Manajemen Talenta, yang ditaruhnya di bawah poin pengembangan SDM.  “Pemuda” tidak secara eksplisit disebutkan dalam visi presiden. Terminologi yang dipakai lebih luas, yakni “talenta Indonesia”. 

Tokoh pemuda yang juga Ketua Umum PB HMI 2013-2015 Arief Rosyid merespon baik komitmen pemerintah untuk pembangunan SDM Indonesia.

“Pemerintah perlu memerhatikan hal-hal spesifik untuk membangun talenta Indonesia. Di antaranya, beri kesempatan pada pemuda untuk berpartisipasi pada hal-hal yang dikerjakan pemerintah. Selain itu, secara konkret, pemerintah perlu mendorong kewirausahaan di kalangan muda”, tutur Arief.

Lebih jauh, Arief menilai, perhatian pada pemuda memiliki korelasi dengan paparan Jokowi di akhir pidatonya. 

“Presiden menyatakan, bangsa ini harus adaptif, inovatif, dan kompetitif. Jika begitu, momentum bonus demografi sejak 2012 hingga puncaknya tahun 2030-2035 harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan menjadikan anak muda sebagai tulang punggungnya”, ungkap Arief.

 





Loading...