Monday, 29 Apr 2024

Pj Bupati Muaro Jambi Gelar Cerdas Cermat Pemahaman Alquran Antar Wong Cilik

news24xx


Pj Bupati Muaro Jambi Gelar Cerdas Cermat Pemahaman Alquran Antar Wong CilikPj Bupati Muaro Jambi Gelar Cerdas Cermat Pemahaman Alquran Antar Wong Cilik
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah punya banyak cara dalam mensyiarkan bulan suci Ramadhan 1445 H.

Salah satunya, dengan menggelar Lomba Cerdas Cermat Pemahaman Alquran yang berlangsung di Aula Pemda Muaro Jambi, Jumat (29/3/2024).

Namun, berbeda dengan lomba cerdas cermat pada umumnya, kali ini pesertanya bukan mahasiswa dan pelajar. Namun, masyarakat bawah yang sering disebut wong cilik.

Mereka adalah para petani, petugas kebersihan, penjaga keramba ikan dan kuli bangunan.

Baca juga : Mastercard Jalin Kerjasama dengan ALTO, Perluas Jaringan Kartu Debit Domestik

Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah usai membuka acara mengatakan, pemilihan peserta dari wong cilik itu adalah untuk memberikan kesempatan yang sama.

Juga untuk membuktikan bahwa yang mampu memahami isi Alquran itu bukan hanya kaum terpelajar.

"Saatnya kaum wong cilik membuktikan bahwa mereka yang mungkin oleh sebagian orang dianggap tak mengerti Alquran, tak pernah baca Alquran, apalagi memahami isi dan sejarahnya, ternyata mampu," katanya.

Bachyuni mencontohkan, para wong cilik yang terdiri dari petugas kebersihan, petani, penjaga keramba ikan dan para kuli bangunan itu ternyata mampu menjawab pertanyaan seputar isi kandungan Alquran.

Baca juga : Suara Golkar Melesat Di Pemilu 2024, Pengamat: Airlangga Mampu Rangkul Milenial

"Makanya, jangan suka merendahkan orang. Jangan suka melihat orang dari wujud fisik dan latar belakang pekerjaan saja. Buktinya, mereka yang selama ini sering disepelekan orang itu ternyata tak kalah hebat dari kaum terpelajar," tegasnya.

Seperti terlihat baik saat babak I (penyisihan) maupun babak II (rebutan menjawab pertanyaan), para peserta begitu bersemangat ingin menjawab.

Meskipun, beberapa kali, ada juga peserta yang salah menjawab. Terutama, pada bagian pertanyaan yang dianggap berat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus MM mengatakan, sejumlah pertanyaan yang disiapkan untuk para peserta lomba ini didesain tidak terlalu berat karena disesuaikan dengan tingkat pengetahuan mereka.

Baca juga : BNPT: Peringatan Isra Miraj Jadi Sarana Peningkatan Iman Dan Ketakwaan

Meskipun, kata dia, kenyataannya banyak juga para peserta yang mampu menjawab pertanyaan berat.

"Makanya, betul kata Pak Bupati tadi, bahwa kita tak boleh melihat orang dari penampilan saja. Apalagi, merendahkannya sebagai orang tak berpendidikan," tandasnya.

Sementara itu, salah satu peserta dari kelompok petugas kebersihan Anwar, mengaku sangat senang mendapatkan kesempatan ikut menjadi peserta lomba yang digelar Bupati Bachyuni ini.

"Wah senang luar biasa. Buat saya, lomba ini sebagai bukti bahwa Pak Bupati Bachyuni sangat menghargai warganya. Dan tak membeda-bedakan, apalagi mengistimewakan kelas masyarakat tertentu," pujinya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...