Saturday, 26 Sep 2020

Seorang Pendaki Jatuh Sejauh 15 Meter Di Dekat Tugu Abel Gunung Marapi Sumatera Barat

news24xx


Istimewa. Istimewa.

NEWS24.CO.ID,Bukittinggi - Seorang pendaki dikabarkan jatuh dari puncak Gunung Marapi yang berada di Sumatera Barat. Proses evakuasi dilakukan di area sekitar Tugu Abel hingga tengah malam tadi, pukul 00.00 Wib, Senin, 8 Februari 2020.

"Korban atas nama Reyhan Fadila (17). Laporan mengenai korban jatuh kemudian masuk ke Pos SAR Limapuluh Kota. Dan tengah malam tadi sudah sampai di BKSDA," ujar Robi Saputra, Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota, yang dikutip dari laman antara.sumbar.com.

Proses evakuasi membutuhkan waktu satu jam, karena dikatakannya jarak antara BKSDA dengan posko pendakian Koto Baru tidak terlalu jauh.

"Waktu tempuh menuju titik lokasi evakuasi di Posko Pendakian Koto Baru memakan waktu sekitar satu jam," sebut dia.

"Tengah malam tadi, tim evakuasi bersama survivor telah sampai kembali di posko pendakian Koto Baru," katanya lagi.

Disebutkan Robi juga, tim evakuasi berjumlah 25 orang dari SAR Limapuluh Kota, PMI, Bukittinggi Rescue Team (BRT) dan komunitas pendaki mulai bergerak turun mengangkut survivor sekitar pukul 19.00 WIB.

Robi mengatakan, proses evakuasi berjalan lancar karena kondisi cuaca yang cukup baik.

"Kendala ditemui hanya pada jalur-jalur ekstrem dan licin sementara tim evakuasi harus mengangkut pendaki menggunakan tandu tadi malam," terang dia.

Dirangkum news24.co.id dari berbagai sumber, pendaki tersebut berasal dari Lubuk Buaya kota Padang. Ia jatuh saat hendak turun dari Tugu Abel sehingga mengalami luka-luka di beberapa bagian tubuhnya.

"Reyhan itu jatuh saat hendak turun sekitar pukul 10.00 WIB. Ia naik bersama seorang rekannya. Korban terjatuh di kawasan batu cadas sejauh 15 meter. Korban sudah ditemukan dan kondisinya mengalami luka-luka di bagian kepala, kaki dan tangan," terangnya.

"Korban langsung dilarikan ke RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi. Korban mengalami luka di kepala serta tingkat kesadaran yang menurun,” kata Roby.

“Dari keterangan saksi (teman korban), baru pertama kali mendaki gunung dan sebelum kejadian, sempat terjatuh sebanyak dua kali,” ungkapnya





Loading...