Monday, 25 Mar 2019

Luhut Mengundang Investor Tiongkok Untuk Bermitra Dengan Perusahaan Lokal

news24xx


Luhut Binsar Panjaitan Luhut Binsar Panjaitan

NEWS24.CO.ID - Menteri Koordinator Kelautan, Luhut Binsar Panjaitan mengadakan pertemuan dengan sejumlah investor dan calon investor dari China pada hari Kamis, 10 Januari. Dalam pertemuan itu, Luhut membahas pengembangan kawasan industri bisnis di Morowali atau Taman Industri Morowali di Indonesia.

Luhut mengundang investor Cina untuk berpartisipasi dalam pengembangan zona industri Morowali menjadi zona ekonomi khusus. Menteri mengatakan pemerintah akan membantu memfasilitasi investasi, dengan syarat perusahaan asing akan berkolaborasi dengan mitra lokal.

"Tentu saja, kerjasama harus menguntungkan kedua belah pihak," katanya dalam pernyataan tertulis, Jumat, 11 Januari.

Pertemuan makan malam itu juga dihadiri oleh presiden direktur Inalum, Budi Gunadi Sadikin, CEO Aparel Clothing Group Maniwanen — mewakili sektor swasta, dan aktivis reformasi Hariman Siregar. Selama makan malam, Luhut mengatakan bahwa pemerintah ingin membawa industri hulu lebih dekat ke hilir, dalam upaya untuk mengurangi impor.

Luhut juga mengatakan bahwa kolaborasi dengan mitra lokal tidak terbatas pada sektor industri. Menteri mengatakan bahwa Universitas Tsinghua dari Beijing telah menyatakan minatnya untuk mendirikan sebuah pusat penelitian di Morowali. Pengembangan pusat penelitian ini akan melibatkan universitas lokal.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV