Saturday, 27 Apr 2024

JD.com Lakukan Pemangkasan Pekerjaan Sebagai Akibat Penurunan Moral

news24xx


JD.comJD.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - JD.com sedang mempersiapkan pemangkasan yang mendalam bagi tenaga kerjanya dan mencabut beberapa tawaran pekerjaan ketika raksasa e-commerce Cina itu berjuang untuk menghidupkan kembali moral yang menyusut dan mengendalikan kerugian, kata orang-orang yang mengetahui masalah itu.

Saingan terdekat Alibaba Group Holding mengatakan kepada para manajer bahwa mereka ingin mengurangi jumlah karyawan di seluruh perusahaan, memotong beberapa tim sebanyak setengahnya, kata salah satu orang, mengutip email internal. JD mengingkari beberapa kontrak kerja dan menawarkan tunjangan lulusan perguruan tinggi yang terkena dampak 5.000 yuan ($ 745), kata orang-orang itu, meminta untuk tidak diidentifikasi membahas masalah pribadi. Informasi sebelumnya melaporkan bahwa, semua mengatakan, JD dapat memangkas tenaga kerjanya sebanyak 8 persen.

Ancaman pemecatan telah menghantam semangat dan mendorong banyak orang untuk mengeksplorasi pekerjaan di tempat lain, menurut orang-orang. JD telah mendapat tekanan yang meningkat dari Alibaba yang lebih beragam karena konsumsi China menurun menjadi ekonomi yang melambat, sementara saingan pemula seperti Pinduoduo menarik pelanggan. Langkah terbaru JD ini mencerminkan perbaikan internal oleh Tencent Holdings dan Didi Chuxing, yang datang dari laju pertumbuhan yang sangat cepat.

Tapi JD, yang belum membukukan laba bersih tahunan sejak pencatatan 2014, telah memiliki tiga eksekutif paling seniornya mengumumkan bola jalan keberangkatan dalam dua bulan terakhir, termasuk chief technology officer-nya. Ini dilaporkan mendapat kecaman di depan umum karena juga secara efektif mencoba menurunkan gaji kurirnya - yang pernah menjadi sumber kebanggaan perusahaan.

Juru bicara JD, Brad Burgess menolak untuk mengomentari PHK, hanya mengatakan bahwa perusahaan itu kembali ke akar kewirausahaan. JD Logistics mengatakan dalam sebuah pos media sosial bahwa perubahan struktur pembayaran kurir diperlukan dengan upah yang dilindungi selama 4-6 bulan selama masa transisi.

Perusahaan teknologi China mengguncang peringkat mereka untuk mengatasinya selama masa-masa sulit. Pendanaan menyusut di samping pendinginan dalam perekonomian negara, terbesar kedua di dunia. Itu diperparah oleh ketegangan perdagangan dengan AS dan pengekangan peraturan yang memicu ketidakpastian dan membuat calon investor takut. Transaksi modal ventura China menukik lebih dari 9 persen menjadi $ 9,7 miliar pada kuartal pertama, menurut PwC dan CB Insights.

JD sekarang mengancam akan memecat orang-orang yang menunjukkan empat jenis perilaku: kesombongan, kepuasan diri, pengeluaran yang berlebihan untuk pengeluaran dan kegagalan untuk memenuhi inisiatif, kata salah satu orang yang melihat pemberitahuan internal. Pengurangan terjadi sebagian karena perusahaan belum secara teratur menyingkirkan para berkinerja rendah dan pemusnahan sekarang terlambat, kata orang itu. Awal tahun ini, JD mengatakan bermaksud untuk melepaskan 10 persen eksekutif peringkat wakil presiden atau lebih tinggi.

Keberangkatan, dan kekhawatiran akan pemutusan hubungan kerja baik secara internal maupun melalui laporan media lokal, telah melemahkan moral para staf. Banyak yang menggunakan pertemuan dadakan di ruang makan staf dan area merokok di luar ruangan untuk membahas pemutusan hubungan kerja dan calon majikan, menurut karyawan yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

"Dengan ambiguitas seperti itu dalam cara JD mendefinisikan apa yang merupakan pelanggaran tembak, itu bisa sangat mengganggu bagi staf secara internal," kata Lion Niu, seorang konsultan senior yang berbasis di Beijing di CGL Consulting. Niu mengatakan perusahaan rekrutmennya telah menerima beberapa pertanyaan dari karyawan JD.

Antara 15 Maret dan 5 April, JD mengumumkan bahwa CTO Chen Zhang, Penasihat Umum dan Kepala Staf Sumber Daya Manusia Rain Yu Long dan Kepala Pejabat Urusan Publik Ye Lan pergi, semuanya dengan alasan pribadi.

Semua ini telah merusak apa yang seharusnya menjadi awal positif untuk 2019 bagi raksasa e-commerce. Pada bulan Desember, otoritas AS memutuskan untuk tidak mengajukan tuntutan terhadap pendiri miliarder Richard Liu atas tuduhan pemerkosaan, dan pendapatannya pada kuartal Desember melampaui perkiraan. Saham perusahaan telah naik hampir 50 persen sejak Desember.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...