Saturday, 27 Apr 2024

Penelitian : Tidur Siang Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Penelitian yang dilakukan di Eropa memiliki kabar baik bagi mereka yang suka tidur siang, menemukan bahwa tidur siang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Asklepieion General Hospital di Voula, Yunani, mengamati sekitar 212 peserta dengan usia rata-rata 62 dan tekanan darah rata-rata 129,9 mm Hg.

Para peneliti menilai dan mencatat tekanan darah selama 24 jam berturut-turut, serta waktu tidur tengah hari, kebiasaan gaya hidup seperti alkohol, kopi dan konsumsi garam, dan tingkat aktivitas fisik, dan kecepatan gelombang nadi, yang merupakan ukuran kekakuan di arteri. Mereka juga meminta para peserta untuk menyelesaikan ekokardiogram, ultrasound jantung yang menunjukkan struktur dan fungsinya.

Temuan ini, yang akan dipresentasikan di Sesi Ilmiah Tahunan ke-68 American College of Cardiology, menunjukkan bahwa secara keseluruhan tidur siang dikaitkan dengan penurunan tekanan darah rata-rata 5 mmHg, yang menurut para peneliti sejalan dengan penurunan yang diharapkan dari intervensi penurun tekanan darah lainnya yang diketahui.

Durasi rata-rata tidur siang adalah 49 menit, dengan tim juga menemukan bahwa tampaknya ada hubungan linear langsung antara waktu yang dihabiskan untuk tidur siang dan tekanan darah; untuk setiap 60 menit tidur tengah hari, tekanan darah sistolik rata-rata 24 jam menurun 3 mm Hg.

"Tidur siang hari tampaknya menurunkan tingkat tekanan darah pada besaran yang sama dengan perubahan gaya hidup lainnya. Misalnya, pengurangan garam dan alkohol dapat menurunkan tingkat tekanan darah hingga 3 hingga 5 mm Hg," jelas rekan penulis studi Manolis Kallistratos, MD, menambahkan bahwa minum obat antihipertensi dosis rendah biasanya menurunkan tingkat tekanan darah rata-rata 5 sampai 7 mm Hg.

"Temuan ini penting karena penurunan tekanan darah sekecil 2 mm Hg dapat mengurangi risiko kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung hingga 10 persen," kata Kallistratos. "Berdasarkan temuan kami, jika seseorang memiliki kemewahan untuk tidur siang di siang hari, itu mungkin juga memiliki manfaat untuk tekanan darah tinggi. Tidur siang dapat dengan mudah diadopsi dan biasanya tidak memerlukan biaya apa pun."

"Kami jelas tidak ingin mendorong orang untuk tidur berjam-jam pada siang hari, tetapi di sisi lain, mereka seharusnya tidak merasa bersalah jika mereka bisa tidur siang sebentar, mengingat potensi manfaat kesehatan," kata Kallistratos.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...