Saturday, 27 Apr 2024

BPS Mencatat Deflasi Pada Bulan Februari 2019

news24xx


BPS BPS
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Indonesia mencatat deflasi pertama tahun ini sebesar 0,08 persen pada Februari, dibandingkan dengan inflasi 0,32 persen yang tercatat pada Januari, Statistik Indonesia (BPS) mengumumkan pada hari Jumat. Angka tersebut membawa tingkat inflasi year-to-date (ytd) dan year-on-year (yoy) masing-masing menjadi 0,24 persen dan 2,57 persen.

Bloomberg melaporkan bahwa tingkat inflasi tahunan Anda adalah yang terendah sejak November 2009, dan lebih rendah dari perkiraan median 2,75 persen dari survei terhadap 24 ekonom. Tingkat inflasi 2,57 persen di bulan Februari berada di dalam kisaran inflasi tahunan yang ditargetkan Bank Indonesia (BI) dari 2,5 persen hingga 4,5 persen.

BPS mengatakan deflasi Februari didorong terutama oleh penurunan harga 1,11 persen pada beberapa komoditas pangan. Transportasi, komunikasi dan jasa keuangan mencatat inflasi 0,05 persen pada Februari, didorong oleh kenaikan harga tiket pesawat, kata Yunita Rusanti, wakil kepala BPS untuk distribusi dan layanan statistik.

Di sisi lain, katanya, harga bahan bakar non-subsidi seperti Pertamax dan Pertamax Turbo turun pada bulan Februari, berkontribusi terhadap deflasi. Februari juga mencatat deflasi 1,3 persen pada komoditas pangan volatil, serta tingkat inflasi inti 0,06 persen dan inflasi 0,26 persen dalam harga-harga yang diatur secara keseluruhan.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...