Friday, 26 Apr 2024

Jalur Tol Pekanbaru - Bangkinang, Lalui 12 Desa dan Terdapat 34 Persimpangan

news24xx


Jalur tol Pekanbaru - Bangkinang. /istJalur tol Pekanbaru - Bangkinang. /ist
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Jalur tol Pekanbaru - Bangkinang masih terus digesakan pengerjaannya. Dalam rancangannya, tol ini nantinya akan melewati 12 desa dan memiliki 34 persimpangan, dengan total panjang keseluruhan adalah 37 kilometer.

Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Azwan, mengatakan tol tersebut nantinya akan memiliki beberapa under pass, over pass, box traffic, box portal dan jembatan penyebarangan orang.

"Dari daftar crossing jalan itu, jumlahnya ada 3 under pass, 6 over pass, 8 box traffic, 11 box portal, 5 pedestarian, dan 1 jembatan penyeberangan orang atau JPO," jelas dia.

"Untuk JPO, berada di Desa Muara Jala," sambungnya.

Dalam data, desa yang akan dilewati tersebut berada di Kecamatan Tambang, Kampar Timur, Rumbio Jaya, Kampar Utara, Kecamatan Bangkinang, Desa Rimbo Panjang, Desa Kualu Nenas, Sungai Pisang, dan Kupan

Kemudian ia juga menjelaskan ada tiga jalan desa di Rimbo Panjang serta dua jalan desa, dua jalan kabupaten, satu jalan nasional yang akan bersilang dengan jalan tol.

"Untuk di kawasan desa-desa ini dibutuhkan pembangunan box portal, over pass dan under pass," sebutnya.

Ia memaparkan jalur ruas tol yang akan melalui desa dan kecamatan. Ruas tol melewati Kecamatan Kampar Timur, adalah hanya Desa Pulai Birandang yang terkena dampak. Di Desa Birandang, jalan tol akan menerpa tiga jalan desa. Sementara itu, satu desa di Rumbio Jaya, yaitu Desa Bukit Kratai, juga akan dilewati jalan berbayar tersebut. Di jalur ini, under pass, over pass, box pedestarian dan box portal masing-masing akan dibangun satu buah di beberapa persilangan jalan tol dengan jalan desa serta jalan kabupaten di Bukit Kratai ini. 

Di Kecamatan Kampar Utara menjadi kawasan yang paling banyak desanya dilintasi jalan tol. Jalan tol akan melewati Desa Kayu Aro, Sawah, Sungai Jalau, Muara Jalai, Sungai Tonang hingga Desa Pasir Sialang. 

Desain persimpangan di Kecamatan Kampar Utara juga cukup variatif. Untuk di Desa Muara Jalai, persimpangan tol yang bersimpangan dengan jalan Kabupaten akan dibangun over pass. Sementara di Desa Pasir Sialang, desa terdekat dengan Kota Bangkinang pada bagian Kecamatan Bangkinang, akan dibangun over pass di tengah persimpangan dengan jalan provinsi. 

 





Loading...