Saturday, 27 Apr 2024

Enam Titik Perlintasan Gajah Dibuat Dalam Proyek Tol Pekanbaru-Dumai

news24xx


Proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai dibuat enam perlintasan untuk gajah. Proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai dibuat enam perlintasan untuk gajah.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,PEKANBARU - Proyek panjang keseluruhan ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai adalah sepanjang 131 km. Pengerjaan ini terbagi menjadi enam seksi. Progres pembangunan konstruksi rata-rata mencapai 77 persen. Dimana salah satunya, seksi satu sepanjang 9,50 kilo meter diyakini bisa selesai akhir tahun 2019 ini. 

Dengan begitu, banyaknya progres capaian optimis ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer tersebut, dapat dituntaskan pembangunan konstruksinya dan siap beroperasi keseluruhannya pada Maret 2020.

Dalam pengerjaannya, PT Hutama Karya (HK) akan membangun enam titik perlintasan gajah di proyek jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

Sekretaris Perusahaan HK, M Fauzan menyebutkan, ada enam titik perlintasan gajah. "Ini sengaja dibuat agar pembangunan jalan bebas hambatan tersebut tidak menganggu habitat ataupun aktivitas gajah yang sering melintas di sekitar area pembangunan tol tersebut," sebut Fauzan pada Rabu (4/12).

"Dari total enam perlintasan tersebut, ada satu lintasan yang lebih lebar di seksi dua dan sisanya di seksi empat. Jadi nanti gerombolan gajah yang biasanya lewat di sana tidak terganggu, mereka nantinya bisa melewati terowongan lintasan gajah tersebut," kata Fauzan.

Untuk konstruksinya, Fauzan menjelaskan pembuatan terowongan migrasi gajah ini memakan biaya yang cukup besar. Setiap lorongannya dibuat lebih lebar dan tinggi demi kenyamanan gajah dalam melintas.

"Ruas jalannya kita tinggikan lalu dibuat lorong di bawahnya. Kontruksinya hampir mirip seperti flyover di dekat SKA itu. Trus untuk lebar lorongnya dibuat 25 meter dan tingginya sekitar lima meter lebih. Ini agar gajahnya nyaman," terang Fauzan. 

Untuk titik lokasi perlintasan gajah tersebut, belum bisa ia pastikan apakah nanti akan menjadi kawasan ekowisata.

"Apakah lintasan gajah ini dibuat ekowisata atau gimana masih dalam pembahasan. Karena kita harus membicarakan dulu dengan bagian yang membidangi itu. Misal, ada rest area di dekat situ apakah itu dianggap menganggu gajah atau tidak," pungkas Fauzan. 

 





Loading...