Tuesday, 07 May 2024

KBRI Bangkok Pamerkan Budaya Indonesia Pada Mahasiswa Thailand Di Universitas Tsammasat

news24xx


KBRI Bangkok Pamerkan Budaya Indonesia Pada Mahasiswa Thailand Di Universitas TsammasatKBRI Bangkok Pamerkan Budaya Indonesia Pada Mahasiswa Thailand Di Universitas Tsammasat
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok bekerja sama dengan Universitas Thammasat telah menggelar “Indonesian Day” di Universitas Thammasat, Bangkok, Kamis (25/4/024).

Kegiatan ini bertemakan “Turning Challenges into Opportunities” yang diikuti sekitar 120 orang peserta baik dosen maupun mahasiswa dari beberapa universitas di Bangkok dan Songkhla, yaitu Universitas Thammasat, Universitas Srinakarinwirot, Universitas Naresuan Pitsanulok, Universitas Prince of Songkhla kampus Pattani, Universitas Rajabhat Nakorn Pathom, Universitas Songkhla Rajabhat, dan Universitas Phra Somdej.

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk memperdalam pemahaman generasi muda Thailand mengenai sejarah hubungan kerja sama Indonesia dengan Thailand dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

 

 

Baca juga : Jelang World Water Forum Ke-10, Indonesia Ajak Dunia Atasi Persoalan Air

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka menyambut peringatan ke-75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand di tahun 2025.

Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UN-ESCAP, Rachmat Budiman menjelaskan, capaian kerja sama Indonesia dengan Thailand yang telah terjalin selama ini.

Selain itu, kerja sama ini menurut Dubes Rachmat untuk mengajak generasi muda Thailand berkontribusi dalam memperkuat kerja sama pendidikan dan kebudayaan khususnya dalam kerangka people to people contact yang pada akhirnya akan mempererat hubungan persahabatan antar kedua negara.

Dubes Rachmat menekankan kemiripan budaya kedua negara baik dalam hal seni, musik, makanan, dan kostum tradisional kiranya dapat menjembatani masyarakat kedua negara yang memiliki latar belakang berbeda serta menumbuhkan rasa saling menghormati”.

Sementara itu, Rektor Universitas Thammasat Prof. Gasinee Witoonchart menyampaikan terima kasih pada KBRI Bangkok yang telah memilih Universitas Thammasat sebagai tempat memulai perayaan menyambut Peringatan ke-75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Thailand tahun 2025.

Baca juga : Kemenhub Berikan Mudik Gratis Via Udara Bagi 17 Penyandang Disabilitas

Kegiatan dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu seminar mengenai “Strengthening people-to-people contact in the Framework of International Cooperation between Indonesia and Thailand Through Education and Culture”, yang menghadirkan tiga nara sumber.

Yaitu Atase Pendidikan dan Kebudayaan pada KBRI Bangkok, Dr. Cyti Daniela Aruan; Chair of Centre for South-east Asian Studies, Assistant Professor Onanong Thippimol, dari Universitas Thammasat; dan Director of Graduate Program in Thai and Asian Music, Assistant Professor Surasak Jamnongsarn dari Universitas Srinakarinwirot.

Selanjutnya, mahasiswa Thailand diajak untuk mempelajari kekayaan budaya Indonesia melalui empat workshop yang dilakukan secara paralel, yaitu kelas Angklung, kelas Wayang Kulit, kelas tari, dan kelas memasak dadar gulung.

Setelah belajar masing-masing materi sekitar 2.5 jam, para peserta workshop angklung diberi kesempatan untuk menampilkan kemahirannya dengan lagu “Bengawan Solo” dan satu lagu Thailand berjudul “Sing Khong”.

Sementara itu, mahasiswa peserta workshop tari juga ikut menampilkan materi yang telah dipelajarinya melalui Tari Sluku Sluku Bathok.

Baca juga : Berdayakan Anak Muda Indonesia, Sun Life Gandeng Universitas Gunadarma

Di sela-sela kegiatan juga telah ditampilkan Tari Tradisional Indonesia yaitu Tari Legong Bapang Saba yang dibawakan oleh Oky Bima Reza Afrita.

 

 

Dua orang mahasiswa Thailand jurusan Bahasa Indonesia juga telah mempertontonkan kemampuannya dalam membawakan puisi berbahasa Indonesia.

Sebagai upaya promosi kekayaan kuliner Indonesia, selain kelas memasak dadar gulung, pada kesempatan tersebut, KBRI Bangkok juga menyajikan berbagai sajian tradisional kekayaan kuliner Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...