Tuesday, 21 Jan 2020

Ada Fitur Aneh Disematkan pada Yamaha NMax 2020 Terbaru

news24xx


Yamaha NMax 2020Yamaha NMax 2020

NEWS24.CO.ID - Yamaha NMax terbaru untuk 2020 telah diluncurkan pada 2 Desember 2019 kemarin. Sederet fitur canggih pun disematkan pada motor tersebut.

Tidak hanya fitur seperti kunci keyless Smart Key, starter SMG dan Stop & Start System (SSS), ada juga fitur unik seakan aneh yang baru ditemukan di Yamaha NMax. Dan diklaim PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM) bahwa fitur ini hanya baru disematkan di skutik 150 cc di Indonesia.

Fitur yang terbaru itu adalah kontrol traksi Traction Control System, yang biasa disebut TCS, yang sebelumnya hanya dipakai pada skutik-skutik mewah berkapasitas mesin besar, misalnya pada Yamaha XMax serta Yamaha TMax DX.

Karena itulah, Yamaha NMax 2020 menjadi skutik 150-155 cc pertama yang pakai kontrol traksi.

Dalam penjelasannya, kontrol traksi TCS berguna untuk mengurangi risiko ban belakang selip dalam situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Untuk cara kerjanya TCD di Yamaha NMax 2020 ini adalah pada saat kedua roda melakukan perputaran maka dibaca oleh speed sensor, kemudian hasilnya diolah sebagai input ke ECU.

"Jika ada perbedaan kecepatan antara depan dan belakang, maka ECU akan mengurangi tenaga ke roda belakang," terang Staff Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin. 

"Mengurangi tenaganya menurut Ridwan ada 2 tahap. Pertama dengan memundurkan waktu pengapian atau ignition delay, lalu jika masih terlalu cepat suplai bensin juga akan dikurangi, sehingga terasa seperti brebet. Jadi kalau saat di jalan licin tiba-tiba Yamaha NMax 2020 terasa brebet seakan mau mati, jangan panik. Itu artinya TCS sedang bekerja mengurangi tenaga mesin ke roda," terang dia.

Namun harus diingat, fitur TCS hanya tersedia di Yamaha NMax 155 ABS Connected.

Selain TCS, fitur eksklusif di Yamaha NMax 155 ABS Connected adalah kunci keyless, rem ABS dual-channel dan Y-Connect yang merupakan fitur yang dapat menghubungkan dan memberi informasi, yang terhubung melalui Bluetooth kepada smartphone.

Fungsinya bisa memberi tahu telepon, e-mail masuk, dan lainnya, serta juga informasi lokasi parkir terakhir sampai servis dan bengkel terdekat.





Loading...