Wednesday, 23 Oct 2019

Adobe Luncurkan 2 Software Edit Foto Baru dengan Fitur "AI"

news24xx


Ilustrasi foto yang diedit pakai Adobe Photoshop Elements 2020 Ilustrasi foto yang diedit pakai Adobe Photoshop Elements 2020

NEWS24.CO.ID -Adobe merilis dua piranti lunak (software) editing baru yang hadir dengan fitur serba pintar yang didesain untuk pemula. Kedua software tersebut, yakni Adobe Photoshop Elements 2020 ( foto) dan Premiere Elements 2020 ( video), bisa dibilang pintar lantaran memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence ( AI) atau kecerdasan buatan. Peningkatan signifikan ada di software Photoshop Elements 2020. Kini, alat untuk mengedit foto itu bisa mengenali objek serta menyeleksi objek tersebut secara menyeluruh dalam satu kali klik. Pengguna pun bisa dengan mudah memindahkan objek yang telah diseleksi tadi, misalnya manusia, ke foto lainnya dan mengganti latar belakang warna foto tersebut dengan mudah.

Pada Photoshop versi sebelumnya, pengguna tidak bisa menyeleksi objek, misalnya orang, secara penuh dalam satu kali klik.

Fungsi "Magic Wand Tool" di Photoshop, misalnya, hanya bisa menyeleksi objek berdasarkan tone warna dan kerapatan piksel pada gambar. Sehingga, alat tersebut kurang optimal untuk objek manusia. Selain itu, ada juga fitur AI yang bisa mengubah foto monokrom (hitam putih) menjadi berwarna, fitur AI untuk mempercantik foto, serta beragam panduan editing foto baru yang bisa diikuti oleh para pengguna awam. Adapun fitur terbaru yang hadir di software editing video Premiere Elements 2020 mencakup fitur AI yang bisa memperhalus video dengan noise yang berlebih dalam satu kali klik pula. Teknologi AI juga akan mendeteksi objek, misalnya binatang atau manusia, yang berada pada video dan informasi itu bakal disimpan di dalam metadata video tersebut. Untuk soal harga, Adobe Photoshop Elements 2020 dan Premiere Elements 2020 masing-masing dibanderol dengan harga 100 dollar AS atau sekitar Rp Rp 1,4 juta.

Pengguna juga bisa membayar 150 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 juta untuk mendapatkan dua software editing itu dalam satu paket. Uniknya, sebagaimana dihimpun dari 9to5Mac, Senin (7/10/2019), kedua software ini merupakan one-time purchase. Artinya, berbeda dengan Adobe Creative Cloud yang menerapkan biaya berlangganan bulanan atau tahunan, kedua software editing teranyar dari Adobe tadi bisa dinikmati oleh pengguna dengan hanya satu kali bayar saja. (Ditha Adinda)





Loading...
Related News