Saturday, 27 Apr 2024

BCA Akan Turunkan Suku Bunga KPR dan KKB Sesuai Suku Bunga Acuan BI-7 Day Reverse Repo Rate

news24xx


Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja. /Ist.Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja. /Ist.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - PT Bank Central Asia Tbk berencana akan melonggarkan suku bunga kredit untuk pemilikan rumah (KPR) dan juga kredit kendaraan bermotor (KKB) selambat-lambatnya pada Oktober 2019 ini.

Penurunan suku bunga itu akan direalisasikan dalam gelaran acara BCA Expo pada 26-27 Oktober 2019. Selain itu juga akan mengkalkulasi penurunan kembali suku bunga kredit setelah dipangkasnya suku bunga simpanan.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja, dari laman inilah.com (9/10), mengatakan, "Kalau suku bunga kredit memang beda-beda, tidak bisa disetarakan semua. Ada yang turun, ada juga yang tidak, tergantung dari profil risiko, Nah Oktober 2019 ini Kredit kendaraan bermotor (KKB) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan turun."

Ia menjelaskan juga untuk bunga simpanan, BCA sudah memangkas sebesar 0,25-0,5 persen di tahun ini. Hal itu juga menyusul penurunan kembali suku bunga acuan Bank Indonesia 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 0,75 persen sejak Juli 2019 hingga September 2019.


Dari data Bank Indonesia, suku bunga kredit perbankan menunjukkan penurunan meskipun dalam dosis yang terbatas. Sejak awal Januari 2019 hingga Juni 2019, suku bunga kredit rata rata perbankan sudah turun 0,18 persen (18 basis poin).

Penurunan itu akan bertambah dengan pelonggaran suku bunga acuan BI-7 Day Reverse Repo Rate yang dilakukan sejak bulan Juli hingga September 2019, sebesar 0,75 persen menjadi 5,25 persen.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, telah mendesak perbankan untuk tidak berlama-lama memangkas suku bunga simpanan dan kredit karena Bank Sentral telah agresif dengan tiga kali menurunkan suku bunga acuan sepanjang tahun ini. Bank Sentral juga memastikan kecukupan likuiditas dengan intensifikasi operasi moneter dan relaksasi kebijakan makroprudensial.

"Kita harapkan bank-bank menurunkan suku bunga kreditnya,meskipun kita paham ini membutuhkan waktu. Tapi ya 'jangan lama-lama' supaya pasokan dan permintaan kredit naik, jadi investasi bisa meningkat, dan akhirnya ke pertumbuhan ekonomi," kata Perry Warjiyo dalam jumpa pers Rapat Dewan Gubernur periode September 2019.

 





Loading...