Sunday, 22 Sep 2019

Hotspot di Riau Masih Terlihat dan Kabut Asap Kurangi Jarak Pandang

news24xx


Indeks pengukur kualitas  udara di kota PekanbaruIndeks pengukur kualitas udara di kota Pekanbaru

NEWS24.CO.ID -Titik hotspot di Provinsi Riau masih terlihat dan bertambah sejak Selasa (20/8/2019). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan titik hotspot tersebut terpantau paling banyak di Kabupaten Pelalawan yakni 23 titik, dan di Riau ada sebanyak 73 hotspot.

"Hari ini sama seperti hari kemarin jarak pandang semakin singkat. Pada pagi pukul 7 terpantau sejauh 1,5 km, ini karena tertutup kabut asap," ucap Marzuki, Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru.

"Titik hotspot terlihat paling banyak di Pelalawan. Hotspot juga terpantau di Kabupaten Bengkalis 3 titik, Kampar 8 titik, Dumai 1 titik, Kuansing 2, Rohil 2 titik, Rohuo 2 titik, Siak 1 titik, Inhil 17 titik, Inhu 10 titik dan Pekanbaru 1 titik. Sedangkan di Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah 34 titik," katanya.

Dijelaskannya, untuk informasi prakiraan cuaca, pada siang hari kondisi cuaca di Riau umumnya cerah berawan. Kemudian untuk sore hingga malam hari, berpotensi hujan dengan intensitas ringan bersifat lokal di sebagian wilayah Rohil dan Bengkalis.

"Suhu udara 23.0 – 33.0 °C, kelembapan udara:l 50 – 95 persen," jelasnya.

Ia juga mengatakan cuaca dan suhu udara kerap berubah-ubah mulai dari pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Terkait hal ini disebabkan karena arah angin yang kerap berubah-ubah.

Namun, kabut asap ini masih belum mengganggu aktifitas pilot dalam menerbangkan pesawat dari dan menuju kota Pekanbaru.





Loading...