Saturday, 14 Dec 2019

Gelar Milad Ke 47, Dewan Mesjid Indonesia Serukan Masjid Jadi Pemersatu Bangsa

news24xx


Dewan Masjid IndonesiaDewan Masjid Indonesia

NEWS24.CO.ID - Dalam rangka memperingati hari lahir Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang ke 47, DMI akan menyelenggarakan kegiatan Halal Bihalal dan seminar sehari pada Rabu (17/7/19) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

“Ditengah berbagai dimanika bangsa dan bertepatan dengan milad DMI ke 47 yang jatuh pada 22 Juni, kami menyelenggarakan halal bi halal dan seminar sehari dengan tema “Islam Rahmatan Lil Alamin Sebagai Modal Utama Membangun Bangsa” yang dilaksanakan pada Rabu (17/07/2019) di Hotel Grand Sahid Jakarta,” kata KH. Abdul Manan, dikutip dari pernyataan resmi yang diterima, Selasa (16/7). 

Tujuan utama dari kegiatan ini, lanjutnya, adalah sebagai bentuk l penegasan kepada semua elemen bangsa bahwa Indonesia saat ini Indonesia berada dalam situasi yang damai dan tidak perlu ada kegaduhan. Terlebih, hajatan demokrasi seperti pileg dan pilpres 2019 sudah diselenggarakan secara konstitusional sehingga sudah saatnya sebagai anak bangsa memfokuskan diri kedepan untuk kepentingan bangsa dan Negara.

Direncanakan acara ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, H. Jusuf Kalla dan menghadirkan pembicara utama yakni wakil presiden terpilih 2019, Prof. DR, KH, Ma’ruf Amin.

“Pada kegiatan ini, DMI akan mengumpulkan seluruh tokoh ormas untuk mempererat silaturahim sebagai modal utama membangun bangsa ini,” jelasnya.

KH Manan yang juga merupakan pengurus PBNU menjelaskan bahwa DMI hadir dalam rangka mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat. Terlebih menurutnya para inisiator DMI ini merupakan para tokoh ormas Islam dari seluruh Nusantara.

Oleh karena itu, KH manan menekankan bahwa sebagai muslim yang bertaqwa harusnya turut andil dalam mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa. Ketaqwaan umat islam tidak mesti selalu diamalkan di mesjid namun juga diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari dalam masyarakat dengan menaati seluruh aturan yang berlaku.

“Diharapkan orang yang bertaqwa itu harus menaati aturan, aturan bermasyarakat, aturan berbangsa dan bernegara, aturan berpolitik termasuk aturan pemilu,” ujarnya.


Sementara itu, ketua panitia milad DMI ke-47 drg. Arief Rosyid mengatakan, tujuan diselenggarakan milad DMI yang dirangkaikan dengan kegiatan Halal bi halal dan seminar sehari ini merupakan bentuk peneguhan DMI terhadap kesatuan dan persatuan bangsa. 

Menurutnya hal tersebut sebagaima yang tergambarkan pada tema acara kegiatan milad DMI ini yakni Islam rahmatan lil alamin sebagai modal untuk membangun bangsa. Oleh karena itu ia mengingatkan bahwa mesjid harus menjadi sarana untuk mempersatukan umat islam di Indonesia.

“Mesjid harus menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia. Seperti yang sering disampaikan oleh pak Jusuf Kalla. Mesjid mesti sebagai tempat untuk menjalin solidaritas dan soliditas umat islam di Indonesia. Dengan begitu bangsa Indonesia akan maju dengan peradaban yang baru”, ungkapnya.

Arief Rosyid menambahkan nantinya seminar juga akan dihadiri para tokoh hingga organisasi Islam seperti NU, Muhammadiyah hingga Persatuan Islam (Persis) dan juga sebagai keynote speaker yakni wakil presiden terpilih KH Maruf Amin. 

"Insha allah forum ini akan menjadi pertemuan yang representatif yang mewakili seluruh ormas islam di Indonesia. Begitu juga dengan tokoh-tokoh yang akan hadir dalam acara ini. Perwakilan dari seluruh unsur ormas Islam.  tandasnya.





Loading...