Saturday, 27 Apr 2024

Terancam Ambruk Akibat Abrasi, Masjid Baru ini Butuh Seawall

news24xx


Masjid baru yang terletak di pantai Muaro kota Padang Sumatera Barat (Dok. Langgam.id)Masjid baru yang terletak di pantai Muaro kota Padang Sumatera Barat (Dok. Langgam.id)
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Masjid berwarna putih yang baru saja berdiri di pinggir Pantai Muaro kota Padang Sumatera Barat ini terancam tergerus ombak. Dan jika tidak dibangun 'seawall', maka pagar masjid yang belum selesai dikerjakan itu bisa saja ambruk.

Dari laman langgam.id, Asisten  Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ekbangkesra) Kota Padang Hermen Peri saat meninjau di lokasi, Rabu (10/07/19), mengatakan, "Solusinya memang harus ada penahan ombak, berupa ‘seawall’ atau ‘ground T’ agar fondasi masjid tidak tergerus ombak."

"Melihat kondisi fondasi pagar yang memang tidak terlalu dalam, maka tidak akan kuat menahan ombak terus-menerus.apalagi saat pasang, ombak akan lebih besar," kata dia.

Herman Peri juga akan berkoordinasi dan mengajukan pembangunan penahan ombak dengan Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS)

Dari hasil pengamatannya, dengan dibangunnya penahan ombak itu akan melindungi masjid dan juga menghambat laju abrasi di sepanjang Pantai Padang. Sebab, Pantai Padang di sebelah utara, Muaro Lasak dan Pantai Cimpago juga sangat riskan digerus abrasi.

Bukan hanya ia saja yang datang mengecek kondisi itu, tapi juga Plt. Asisten Pemerintahan Edi Hasymi didampingi Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kadis Pariwisata Arfian, Kadis DPRKPP/Plt. Kadis PUPR Yeni Yuliza 





Loading...