Tuesday, 20 Aug 2019

Kalimantan Timur Menunggu Keputusan Pemerintah Tentang Perpindahan Ibukota Baru

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet

NEWS24.CO.ID - Mengikuti rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota, saat ini, ada dua provinsi yang dinobatkan sebagai destinasi potensial terkuat: Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. 

"Kami telah mempresentasikan kondisi Kalimantan Timur dua kali, dan meyakinkan pemerintah bahwa Kalimantan Timur siap menjadi ibu kota negara, namun, hingga hari ini belum ada konfirmasi tentang penunjukan. Kami akan menunggu keputusan pemerintah pusat. Kami berharap bahwa Kalimantan Timur dapat ditunjuk sebagai ibukota baru, "kata Kepala Badan Pengembangan Daerah Kalimantan Timur Zairin Zain pada Kamis, 6 Juni 2019.

Zairin mengatakan bahwa pemerintah daerah Kalimantan Timur telah bertemu dengan Kementerian Dalam Negeri dua kali untuk menyampaikan kesiapan mereka. Dia menambahkan bahwa pemerintah harus membuat keputusan tahun ini karena rencana itu akan memulai pengembangan ibukota baru pada tahun 2020.

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengunjungi Taman Hutan Bukit Soeharto seluas 62 hektar, sebuah area yang disiapkan untuk ibukota baru. Jokowi mengatakan bahwa ada tiga persyaratan dalam menunjuk modal baru berdasarkan studi yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Persyaratannya adalah, menurut Bappenas, area tersebut harus terletak dekat dengan bandara internasional; harus dekat dengan pelabuhan internasional; dan itu harus aman dari bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan tsunami.

Berdasarkan persyaratan tersebut, Taman Hutan Bukit Soeharto, yang dekat dengan bandara internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, bandara internasional APT Pranoto, pelabuhan Kariangau, dan pelabuhan Semayang, adalah kandidat yang ideal untuk menggantikan Jakarta.

Daerah ini juga dianggap aman dari bencana alam karena tidak berada di sekitar gunung berapi aktif.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED