Tuesday, 20 Aug 2019

Jonan : Biaya Bahan Bakar Mobil Listrik Lebih Murah 40 Persen

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet

NEWS24.CO.ID -  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan biaya bahan bakar mobil listrik itu 40 persen lebih murah daripada mobil berbahan bakar gas Premium. Jonan menyampaikan pernyataan itu saat acara peluncuran armada kendaraan listrik Blue Bird pada hari Senin, 22 April.

Jonan mengatakan perusahaan listrik milik pemerintah PLN saat ini memberikan diskon 30 persen untuk pengisian bahan bakar listrik pada pukul 22:00 hingga 06:00 waktu setempat. Dengan demikian, tarif awal Rp1.467 per kWh dipotong menjadi sekitar Rp1.000 per kWh.

"Mobil itu cukup mahal tetapi biaya energinya lebih murah 50 atau 40 persen daripada menggunakan gas Premium," tambahnya, menegaskan bahwa pemerintah mendukung penggunaan mobil berbahan bakar listrik untuk transportasi umum dalam upaya menekan emisi.

Blue Bird, sebagai salah satu perusahaan taksi terkenal di Indonesia, telah meluncurkan armada kendaraan listriknya. Layanan kelas atas perusahaan, Silver Bird akan menggunakan Tesla Model X 75D sementara armada Blue Bird layanan reguler menggunakan BYD 96. Layanan ini akan tersedia mulai Mei 2019.

Menteri Koordinator Kelautan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah menawarkan insentif untuk transportasi umum yang bersedia mengubah armada mereka menjadi kendaraan bertenaga listrik dalam bentuk pajak nol persen untuk barang mewah dan impor.

Selain itu, pemerintah sedang menghitung tarif listrik untuk mobil listrik. "Kami masih menghitungnya menjadi Rp1.000 per kWh, tetapi mereka tidak harus menghadapi kerugian pasti, mereka harus didukung," tambah Luhut.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV