Friday, 19 Apr 2019

Bank Indonesia Bermitra Dengan Thailand Untuk Mencegah Pencucian Uang

news24xx


Bank Indonesia Bank Indonesia

NEWS24.CO.ID - Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BOT) bekerja sama untuk mencegah pencucian uang dan pendanaan terorisme. Gubernur kedua bank sentral menandatangani perjanjian di Chiang Rai, Thailand, kemarin, di sela-sela pertemuan gubernur bank sentral Asia Tenggara.

Kemitraan antara kedua otoritas moneter tersebut merupakan tindak lanjut dari kolaborasi serupa antara BI dan bank sentral tetangga lainnya. Kemitraan dalam pencegahan pencucian uang juga dibentuk dengan Banko Sentral Ng Pilipinas dan Bank Negara Malaysia pada tahun 2018 dan 2013.

"Bank Indonesia mendukung pemerintah Indonesia untuk menjadi anggota Satuan Tugas Aksi Keuangan Pencucian Uang," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Kemitraan antara BI dan BoT juga mencakup penguatan kerja sama dalam sistem pembayaran dan inovasi keuangan yang dapat memfasilitasi transaksi antara kedua negara. Meskipun tidak dirinci, implementasi perjanjian ini mengambil bentuk kegiatan seperti dialog kebijakan, pertukaran informasi, kolaborasi inovasi, dan pengembangan kapasitas.

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV