Friday, 26 Apr 2024

Kebakaran Hebat di Bangladesh, Diprediksi Jumlah Korban Tewas Terus Meningkat

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Korban tewas akibat kebakaran di sebuah daerah di ibukota Bangladesh, Dhaka, melonjak drastis menjadi 70 orang pada hari Kamis, kata seorang petugas pemadam kebakaran, dan dapat terus bertambah saat petugas pemadam kebakaran menyisir puing-puing bangunan yang hancur.

"Sejauh ini, 70 mayat telah ditemukan. Jumlahnya dapat meningkat saat pencarian berlangsung, ”Julfikar Rahman, direktur Dinas Pemadam Kebakaran dan Pertahanan Sipil, mengatakan kepada Reuters.

Kebakaran itu bermula pada Rabu malam. Saat itu, sebuah gedung berlantai empat terbakar dan menyebar ke bangunan-bangunan terdekat di daerah Chawkbazar, Dhaka Lama, yang berasal dari era Mughal yang berusia lebih dari 300 tahun yang lalu.

Rahman mengatakan setidaknya 50 orang telah dibawa ke rumah sakit, bahkan beberapa diantara mereka dalam kondisi kritis.

Ratusan orang bergegas ke Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Dhaka untuk mencari kerabat yang hilang, kata saksi mata.

Sekitar 200 petugas pemadam kebakaran berjuang selama lebih dari lima jam untuk mengendalikan kobaran api. Mereka mengatakan kepada wartawan bahwa bangunan tempat kebakaran mulai menaungi gudang plastik dan berisi bahan yang mudah terbakar.

Rahman mengatakan penyebabnya masih diselidiki. Dia mengatakan petugas pemadam kebakaran berjuang untuk menemukan air yang cukup untuk melawan kobaran api dan harus mengambil pasokan dari masjid terdekat.

Kebakaran itu kemungkinan akan membuat pemerintah memusatkan perhatian pada lemahnya penegakan peraturan keselamatan bangunan di Bangladesh, tempat kecelakaan menewaskan ratusan orang setiap tahun.  Runtuhnya pabrik Rana Plaza pada 2013 menewaskan lebih dari 1.100 pekerja dan kebakaran di sebuah pabrik garmen pada 2012 menewaskan 112 orang. 





Loading...