Saturday, 27 Apr 2024

Ingin Meraup Rezeki Saat Hujan dan Banjir, Ini Peluang Usaha yang Patut Dicoba

news24xx


Jualan jas hujan (ilustrasi/int)Jualan jas hujan (ilustrasi/int)
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Musim hujan yang disertai banjir, bagi kebanyakan orang memang tidak enak. Karena aktivitas mereka jadi terganggu. Tapi di balik itu, ada beberapa peluang usaha, yang bisa mendatangkan rezeki pada saat-saat seperti ini.

Bagi anda yang memiliki jiwa usaha, beberapa peluang bisnis berikut ini tampaknya patut dicoba.

- Jualan payung dan jas hujan. Usaha ini memang tidak ada matinya. Apalagi saat musim hujan, biasanya harga payung maupun jas hujan akan dinaikkan melebihi harga sewajarnya. Kalau sudah begitu, keuntungan yang diperoleh para pedagang payung dan jas hujan pasti akan berlipat ganda.

- Ojek Payung
Usaha ini juga tak lekang oleh waktu. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, mereka berlomba-lomba untuk memberikan jasa ojek payung. Dengan kondisi orang-orang yang tidak membawa payung, tidak ingin kehujanan, ditambah harga yang ditawarkan terjangkau, membuat usaha ojek payung laku keras. Tarif ojek payung bisa lebih kurang Rp 1.000 per orang.

- Ojek Gerobak
Orang-orang yang wilayahnya terkena banjir pasti akan mengalami kesulitan dalam mengendarai mobil dan motor. Oleh karena itu, ojek gerobak hadir sebagai solusinya. Sesungguhnya, usaha ini sama seperti ojek payung, yaitu membantu orang-orang untuk dapat berpindah tempat walaupun air terus menerjang. Perbedaannya ada pada peralatan yang digunakan dan tarif yang dikenakan.

- Usaha laundry sofa. Banjir kerap membuat kasur spring bed, sofa, karpet hingga jok mobil, terendam dalam genangan air dan lumpur. Kondisi ini menjadi peluang pasar yang sangat besar untuk para penyedia jasa laundry sofa.

- Ganti jok sofa, dengan cukup parahnya kondisi dan lamanya banjir, sofa yang terlalu lama terendam akan lapuk dan sudah tak layak lagi untuk dipakai. Satu-satunya alternatif selain membeli baru adalah dengan mengganti joknya.cerdaspoker

Mereka yang mengalami problem ini ak an membanjiri jasa penggantian jok sofa. Jadi kalau Anda juga cukup lihai dalam menjahit sofa dan membuat lapisan sofa dengan rapi, ide bisnis kecil yang menguntungkan ini layak dicoba.

-Reparasi elektronik, banjir juga kerap membuat peralatan elektronik seperti televinsi, kipas angin, AC, mesin cuci hingga kulkas, jadi rusak akibat terendam. Itu sebabnya, banyak orang membutuhkan keahlian pada sektor elektronik, agar peralatan di rumah kembali baik.

-Jasa pencucian mobil dan motor. Bila musim hujan datang, bisa dipastikan jasa ini selalu dicari orang. Bila musim banjir, biasanya beberapa jasa pencucian juga sekalian membuka bengkel untuk mengantisipasi keluhan kerusakan.

- Servis motor. Tidak sedikit pengendara motor yang nekat menerjang banjir. Jika motor mogok, akhirnya mereka akan membutuhkan tukang servis untuk memperbaiki kendaraan mereka tersebut.

- Penjualan peralatan kebersihan. Salah satu pekerjaan rumah yang selalu menanti setelah banjir, adalah membersihkan rumah. Tak heran, banyak orang yang berjualan peralatan kebersihan, sehingga bisa mendapatkan rezeki.

- Ojek Perahu Karet
Sama seperti ojek gerobak. Namun, jasa ini terlihat lebih ‘elegan’ karena menggunakan perahu karet. Bagi yang ingin keluar rumah tapi takut basah, bisa menyewa jasa ini. Daya tampung perahu karet juga lebih besar dan pengoperasiannya mudah. Saat banjir besar dan transportasi lumpuh, kegiatan tetap bisa berjalan dengan menyewa ojek perahu karet.

- Air Bersih
Di beberapa wilayah yang terus dilanda hujan dan banjir, air bersih pastinya menjadi salah satu kebutuhan yang cukup sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu, penjualan air bersih pun bisa menjadi peluang usaha yang juga dapat memberikan keuntungan besar di musim hujan.Tarif untuk air bersih berkisar Rp3.000 hingga Rp5.000 per jerigen.

- Jual Sajian Hangat
Cuaca dingin memang paling enak menikmati sajian yang menghangatkan tubuh. Sesungguhnya, modal yang harus dikeluarkan untuk usaha ini pun tidak begitu besar. Namun demikian, keuntungan yang diperoleh dapat berlipat ganda seiring dengan meningkatnya permintaan pembeli di musim hujan. Coba saja untuk membuka usaha sajian hangat seperti mie instan, snack, ataupun kue basah lainnya.

Kalau Anda jeli, Anda juga bisa mencuri kesempatan untuk meraih untung. Masyarakat juga tak keberatan kok, karena jasa-jasa seperti di atas memang dibutuhkan. Bagaimana, tertarik? ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS/NOF





Loading...