Friday, 26 Apr 2024

31 Unit SPLU Dibangun di Pekanbaru, PLN Riau-Kepri Siap Dukung Mobil Listrik

news24xx


Kedatangan Blits Explore Indonesia disambuat hangat di Kantor Gubernur Riau. Foto: ist Kedatangan Blits Explore Indonesia disambuat hangat di Kantor Gubernur Riau. Foto: ist
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - PEKANBARU- General Manajer PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan infrastruktur, untuk mendukung keberadaan mobil listrik di Riau. Sejauh ini, PLN sudah membangun 31 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Pekanbaru. Fasilitas itu dibangun menyebar di beberapa titik.

Demikian dilontarkannya saat menyambut rombongan Blits Explore Indonesia, di Kantor Gubernur Riau, Minggu (9/12/2018) kemarin.

Kedatangan rombongan mobil yang 100 persen komponennya menggunakan listrik tersebut, disambut Plt Gubernur Riau yang diwakili Kadis ESDM Provinsi Riau, Indra Agus Lukman. Ikut serta mendampinginya M Irwansyah Putra, GM PLN UIP Sumatra Bagian Tengah, Henvry Setijabudi dan GM PLN P3B Sumatra, Nur Wahyu Dhinianto.

Ada dua unit mobil listrik yang dibawa dalam kesempatan itu, yakni Blits dan Kasuari. Kedua mobil listrik tersebut sudah memulai perjalanan keliling Indonesia sejak dari Jawa Timur.

Dikatakan Irwansyah, pihaknya merasa bangga dan bahagia, karena teknologi mobil listrik sudah terlaksana di Tanah Air, meski belum mencapai produksi massal.

Dikatakan, di Pekanbaru SPLU sudah dipasang di beberapa lokasi yang menjadi pusat-pusat keramaian. "Kita sudah memasang SPLU sebanyak 31 Unit di antaranya dekat Masjid Annur, depan RSUD Arifin Achmad serta di lapangan taman olah raga Rumbai," terangnya.

Sejauh ini, SPLU yang terpasang lebih banyak digunakan pedagang untuk berjualan. "SPLU yang ada saat ini lebih banyak digunakan oleh pedagang untuk kebutuhan listrik saat berjualan. Karena untuk menggunakan SPLU masyarakat tidak perlu mendaftar sebagai pelanggan PLN, cukup isi token dan listrik dapat langsung digunakan," sambung Irwansyah.

Rasa bangga juga dilontarkan Kadis ESDM Riau, Indra Agus Lukman. ""Ini (mobil listrik, red) merupakan suatu prestasi yang membanggakan, dan kita harap ke depannya dapat dikembangkan lagi agar bisa diproduksi secara masal," ujarnya.

Menurut rencana, pada Selasa besok, tim Blits Explore Indonesia akan melanjutkan perjalanannya menuju Sumatera Utara. ***

R24/nof/rls





Loading...