Friday, 26 Apr 2024

Ini Dia Traktor 'Hantu', Bisa Jalan Sendiri Tanpa Operator

news24xx


Traktor ini diberi nama Autonomus, yang bisa dikendalikan dengan laptop atau android. Foto: int Traktor ini diberi nama Autonomus, yang bisa dikendalikan dengan laptop atau android. Foto: int
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Mungkin sulit membayangkan jika ada traktor, yang bisa berjalan sendiri. Sementara operatornya tak tampak sama sekali. Bukan bohong, tapi traktor seperti itu memang ada. Tempatnya di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, di Jalan Sinarmas boulevard, Serpong, Tangerang, Banten.

Dilihat sekilas, kesan garang memang langsung tampak. Traktor berkelir hitam abu-abu itu diberi nama Autonomus. Secara umum, traktor ini memiliki bentuk layaknya alat berat pada umumnya.

Hanya saja, alat tersebut bisa bekerja otomatis tanpa awak pengendara. Tentu saja pengendaranya bukan hantu, melainkan dikendalikan dengan menggunakan perangkat elektronik seperti laptop atau android. Jadi, petani tak perlu menguras tenaga lebih banyak saat menggarap lahannya.


Modifikasi traktor tersebut dipimpin oleh Sigit Tri Wahyudi dan Lilik Tri Mulyantara di bawah tanggung jawab Kepala Bidang Kerjasama dan Pemberdayaan Hasil Perekayasaan Agung Prabowo.

Untuk memodifikasi supaya traktor ini bisa jalan sendiri, memakan biaya hingga Rp 200 juta. Modal tersebut hanya untuk pengembangan sistem otomatisasi.

"Kalau sistemnya sendiri itu Rp 150 jita sampai Rp 200 juta lah," kata Lilik, seperti dilansir detik.com.

"Komponen 80%-nya lokal. Sisanya nggak, misalnya itu GPS itu kita impor karena khusus kan," sambungnya.

Modifikasi traktor ini dinilai mampu mengajak anak-anak muda untuk kembali berminat menjadi petani.  Pasalnya, anak muda yang identik dengan gadget bisa memanfaatkan hal ini.

Autonumus sendiri baru masih dalam tahap pengembangan prototipe. Rencanannya, tahun depan baru akan ditawarkan kepada perusahaan yang mau memproduksi secara massal. ***

NEWS24.CO.ID/RED/SIS

 





Loading...