Friday, 26 Apr 2024

Aksi Bom Bunuh Diri Guncang Ibukota Somalia, 20 Warga Sipil Tewas

news24xx


Ilustrasi. Ilustrasi.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Serangkaian ledakan bom menggegerkan ibukota Somalia, Mogadishu, pada Jumat (9/11/2018) waktu setempat. Ledakan tersebut terjadi di dekat markas polisi Sahafi hotel dan Divisi Investigasi Kriminal (CID). Akibatnya sekitar 20 orang tewas dan puluhan lainnya. 


Pejabat Keamanan Somalia Abdulahi Ahmed menyampaikan sebagian besar korban adalah warga sipil “Informasi yang kami terima 20 meninggal dan lebih dari 40 lainnya mengalami luka,” ungkapnya pada Sabtu, (10/11/2018), seperti dilansir detik.com.

Menurut beberapa sumber, seorang putra dari pemilik hotel turut menjadi korban jiwa, Abdirashid Ilqeyete, juga tewas dalam serangan tersebut.

Menurut saksi mata ledakan berasal dari seorang pembom bunuh diri. Pelaku mengenakan rompi yang berisikan peledak. Pelaku tepat meledakan bom di depan pintu masuk depan hotel. 

Pro- Shabab jaringan yang berafiliasi dengan Al- Qaeda melalui situsnya menyatakan bertanggung jawab atas serangkaian ledakan dan serangan yang terjadi di Mogadishu.

“Anggota bersenjata dari Shabab Al-Mujahideen memang melakukan serangan kompleks yang menargetkan Hotel Sahafi di Mogadishu tempat pejabat senior pemerintah Sommalia tinggal,” demikian keterangannya.

Shabab sebenarnya sudah dipaksa keluar dari Mogadishu oleh pasukan Uni Afrika pada tahun 2011. Namun,mereka masih mengendalikan sebagian wilayah di pedesaan dan menyerang sasaran-sasaran pemerintah militer dan sipil. ***

NEWS24.CO.ID/RED





Loading...