Wednesday, 14 Nov 2018

Tidur Pakai Kaos Kaki Basah Ternyata Ada Manfaatnya untuk Kesehatan

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

NEWS24.CO.ID - Kebiasaan tidur sambil mengenakan kaos kaki, sudah biasa dilakukan sejumlah orang. Tapi, mungkin jarang atau tidak ada orang yang akan tidur dengan mengenakan kaus kaki yang basah.

Ternyata, mengenakan kaus kaki dalam kondisi basah saat tidur, ternyata membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja itu?

Seperti dilansir kompas.com, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari kaos kaki basah saat tidur. 

1. Mengatasi kelelahan
Ketika merasa lesu dan lelah, cobalah membuat rendaman air yang dicampur minyak kayu putih. Kemudian, rendam kaus kaki bersama dengan kakimu. Setelah itu, angkat kaki dan gunakan kaus kaki yang telah direndam tersebut.

Minyak kayu putih memiliki manfaat untuk meningkatkan mood serta membuat pikiran lebih segar, serta membuat kita merasa lebih aktif.


2. Mengatasi demam
Trik tidur mengenakan kaus kaki basah bisa kita coba ketika suhu tubuh meningkat.

Caranya rendam kaus kaki di dalam dua gelas air yang dicampur dengan cuka.
Setelah direndam beberapa saat, peras airnya lalu gunakan kaus kaki tersebut untuk tidur. Dalam 40 menit kita bisa merasakan suhu tubuh perlahan meningkat.

Cuka selama ini dikenal mampu meningkatkan aliran darah dan menurunkan demam. Selain itu, cuka juga meningkatkan sistem imun dan mampu mencegah sejumlah masalah kesehatan.

3. Mengobati batuk
Salah satu cara sederhana mengobati batuk adalah tidur mengenakan sepasang kaus kaki basah.

Campurkan dua gelas susu, satu sendok makan madu, dan dua potong besar bawang. Lalu, rendam kaus kaki di dalamnya sekitar 15 menit sebelum memerasnya.

Setelah selesai, gunakan untuk tidur semalaman. Susu dengan bawang bermanfaat untuk meredakan batuk karena kandungan antibakteri dan antiperadangan demi mengurangi dahak.

4. Meredakan sembelit
Tidur sambil nenggunakan kaus kaki basah bisa membantu membersihkan dan meredakan masalah pada perut seperti sembelit. Pengobatan ini bisa dibilang mirip seperti pencahar ringan.

Yang harus dilakukan adalah mencampurkan sepotong keju, setengah buah apel, satu sendok makan madu, dan satu sendok teh biji rami.

Campurkan bahan-bahan tersebut dengan segelas air. Rendam kaus kaki di dalamnya, dan peras untuk membuang kelebihan air lalu gunakan kaus kaki tersebut saat tidur untuk mengobati sembelit.

5. Mengatasi mabuk
Untuk mengatasi mabuk, gunakan sepasang kaus kaki basah saat tidur. Pengobatan ini bisa membantu mengontrol suhu tubuh tinggi dan mengatasi tekanan darah tinggi. ***

NEWS.CO.ID/RED