Tuesday, 20 Nov 2018

Pengen Nyaman Saat Liburan? Berikut 8 Tipsnya...

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet

NEWS24.CO.ID - Semakin mendekatinya libur sekolah akhir tahun, momen tersebut biasanya dimanfaatkan orang tua mengajak anak-anak beserta keluarga bepergian keluar kota. Liburan di akhir tahun biasanya banyak juga karyawan kantoran yang mengambil cuti panjang untuk berlibur hingga menyambut tahun baru.

Agar momen liburan bisa nyaman dan menyenangkan bersama keluarga, ada baiknya mempersiapkan perencanaannya dari sekarang.

1. Pilih destinasi yang tepat
Media sosial adalah tempat yang paling tepat untuk mencari referensi destinasi mana yang seru untuk liburan. Di media sosial, Anda bisa melihat tempat-tempat mana saja yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Foto-foto dari para pengguna akan membantu Anda mempertimbangkan destinasi mana yang cocok dengan keinginan Anda. 

2. Cari tiket dengan penawaran terbaik
Bepergian di akhir tahun bisa sangat menguras kantong. Bertepatan dengan libur sekolah dan berbagai perayaan di akhir tahun, harga tiket dan penginapan biasanya melambung naik karena tingginya permintaan. Untuk mengantisipasi ini, lakukan pemesanan sejak jauh hari dengan melakukan perbandingan agensi sebelumnya.

3. Jangan membawa banyak barang
Jika ingin bepergian dengan nyaman, sebisa mungkin minimalkan barang bawaan tanpa mengabaikan kebutuhan dasar seperti bawa pakaian secukupnya. Membawa anak kecil dengan barang bawaan yang banyak tentunya akan sangat merepotkan. Yang terpenting adalah semua dokumen yang dibutuhkan untuk bepergian, seperti paspor masih valid atau belum kedaluwarsa.

4. Membeli asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan kini hadir dalam berbagai bentuk. Dengan ini Anda akan terbantu apabila terjadi kehilangan bagasi, keterlambatan hingga pembatalan penerbangan.

5. Jaga barang berharga
Wisatawan biasanya sering menjadi target pencurian atau perampokan. Oleh karena itu, Anda harus selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Sebaiknya jangan letakkan barang-barang berharga seperti perhiasan, uang atau alat elektronik di tempat yang mudah terlihat.

6. Jaga suasana tetap bahagia
Biarkan anak-anak bergembira dan sibuk dengan liburannya. Orang tua bisa mempertimbangkan beberapa wahana agar anak-anak tetap aktif. Bila perlu, Anda bisa bergabung dengan agensi wisata agar liburan semakin terencana.

7. Pertimbangkan biaya alternatif
Berlibur tidak harus mahal dan menghambur-hamburkan uang. Anda bisa juga memilih beberapa alternarif yang tidak memakan biaya banyak. Misal, dibanding menginap di hotel yang mahal, Anda bisa memilih penginapan sejenishomestay atau hostel yang lebih murah.

Anda juga bisa menikmati ragam kuliner lokal serta berbelanja di pasar-pasar tradisional daripada makan malam di resto mahal. Dengan begini Anda lebih bisa menikmati budaya lokal dan bertemu dengan wisatawan lainnya. Tentu momen liburan akan menjadi lebih berkesan.

8. Tetap terkoneksi
Saat sedang berlibur Anda perlu tetap terkoneksi dengan internet. Bukan hanya untuk urusan pekerjaan, tetapi untuk membantu perjalanan liburan Anda menjadi lebih mudah. Jika berlibur ke luar negeri, jangan lupa untuk membeli kartu SIM lokal agar bisa tetap terkoneksi.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV
 





Related News