Sunday, 28 Apr 2024

Butuh Ambulans Akibat ISPA di Pekanbaru, Hubungi Nomor Ini, Gratis!

news24xx


Ambulans disediakan Dinkes untuk warga yang terkena dampak kabut asapAmbulans disediakan Dinkes untuk warga yang terkena dampak kabut asap
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, PEKANBARU - Dampak kabut asap menimbulkan flu, batuk, mata berair, atau lebih dikenal dengan nama insfeksi saliran pernapasan akut (ISPA). Dan untuk penanganan masalah itu, diperlukan tindakan medis.

Khusus di kota Pekanbaru, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau telah menunjuk seluruh Puskesmas di Kota Pekanbaru sebagai Posko Penanggulangan Kabut Asap. Bahkan, menyediakan layanan cepat ambulans dengan menghubungi Public Service Call (PSC) dinomor 119.

Kepala Dinkes Riau, Mimi Yuliana Nazir pada Jumat (13/9/2019) mengatakan bahwa Dinkes Riau telah menyediakan 3 unit mobil ambulans untuk melayani warga Pekanbaru yang sakit akibat kabut asap.

"Nantinya warga yang sakit karena kabut asap bisa dibawa menggunakan ambulans dengan menghubungi 119, agar dapat pertolongan pertama ke puskesmas terdekat. Layanan ini diberikan gratis atau tidak dipungut biaya," kata Mimi kepada awak media.

Dinkes Riau juga menyediakan posko kesehatan penanggulangan kabut asap di kantornya. Warga yang sakit karena asap akan mendapatkan pertolongan pertama dan diberikan obat-obatan sebagai tindakan medis pertama.

"Pertolongan pertama, seperti memberikan oksigen. Untuk obat-obatannya juga kita berikan secara gratis," kata Mimi.

Mimi juga menjelaskan ingatkan warga untuk selalu mengenakan masker yang tepat saat di luar rumah dan diingatkan untuk lebih aktif mengkonsumsi air putih.

"Untuk beberapa saat ini, sebaiknya kurangi aktifitas di luar, dan lakukan hifup sehat dengan makan makanan dehat dan higenis. Jika terjadi kesulitan dalam bernafas dan gangguan kesehatan lainnya akibat kabut asap, segera ke sarana pelayanan kesehatan," saran Mimi.

Sebagai informasi, Gubernur Riau, Syamsuar sebelumnya juga telah mengeluarkan surat edaran kepada Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Riau, untuk mendirikan posko pelayanan kesehatan dalam rangka menghadapi dampak kabut asap untuk jadwal dan prediksi bola

 





Loading...