Monday, 29 Apr 2024

Setidaknya 30 Pengecer Indonesia Tidak Lagi Menawarkan Kantong Plastik Gratis

news24xx


IlustrasiIlustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kebijakan kantong plastik berbayar, yang bertujuan membatasi penggunaan kantong plastik sekali pakai, dimulai di pengecer modern saat ini. Kebijakan tersebut, dijuluki "kantong plastik tidak gratis" (KPTG), adalah tindak lanjut dari sebuah program yang seharusnya mulai berlaku pada tahun 2016.

"Anggota asosiasi telah memulai komitmen kolektifnya hari ini," kata wakil ketua Asosiasi Pengecer Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta kepada Tempo hari ini.

Tutum mengatakan 30 anggota Aprindo mulai menerapkan kebijakan hari ini, di antaranya Matahari Group, Pasar Peternakan, Ramayana, Superindo, dan Alfamart — dengan sisanya akan segera menyusul dalam waktu dekat.

Kantong plastik sekali pakai yang dijual oleh anggota Aprindo dihargai minimal Rp200 masing-masing, tergantung pada merek mereka. Sedangkan untuk merek dengan tas besar, seperti Ace Hardware, kantong plastik tersebut dibanderol dengan harga Rp500-1.000.

Tutum mengatakan Aprindo melihat langkah ini sebagai bagian penting dari gerakan lingkungan dunia tentang bahaya polusi, yang menjadi lebih mendesak setelah penemuan kantong plastik di lautan.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...