Tuesday, 30 Apr 2024

Polandia Menangkap Pengusaha Tiongkok yang Dicurigai Jadi Mata-Mata

news24xx


IlustrasiIlustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Polandia mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya telah menangkap seorang eksekutif telekomunikasi China yang dicurigai memata-matai China, dengan media lokal mengidentifikasikannya sebagai direktur Huawei.

Penangkapan itu terjadi di belakang tahun yang sulit bagi Huawei, yang telah melihat penangkapan putri pendiri perusahaan di Kanada dan upaya AS untuk memasukkan perusahaan itu ke dalam daftar internasional karena masalah keamanan.

Kementerian luar negeri China mengatakan kepada AFP bahwa pihaknya "sangat prihatin" dengan penangkapan warganya.

Huawei mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa pihaknya "mengetahui situasi" dan "melihat ke dalamnya" dan tidak memiliki komentar lebih lanjut untuk saat ini.

Pengumuman Polandia datang beberapa minggu setelah Kanada menangkap wakil presiden Huawei Meng Wanzhou, yang dituduh melanggar sanksi Iran.

Raksasa telekomunikasi China - yang didirikan oleh mantan insinyur untuk pasukan China - juga menghadapi peningkatan pengawasan atas dugaan kaitannya dengan layanan intelijen China.

Negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia, dan Jepang telah memblokir Huawei untuk membangun jaringan internet 5G generasi terbaru yang sangat cepat.

Pada bulan Desember, agen keamanan cyber Ceko memperingatkan agar tidak menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras dari Huawei dan perusahaan Cina sesama ZTE, mengatakan mereka menimbulkan ancaman terhadap keamanan negara.

Seorang lelaki Polandia "yang dikenal di sektor TI" juga ditangkap karena diduga melakukan spionase bersama dengan warga China "yang adalah seorang pengusaha yang bekerja untuk sebuah perusahaan telekomunikasi yang penting," kata Maciej Wasik, wakil kepala layanan khusus Polandia, yang dikutip oleh berita PAP. agen.

Dia menambahkan bahwa penyelidikan "telah berlangsung beberapa saat, dan telah ditangani dengan sangat hati-hati."

Kedua pria itu ditangkap pada hari Selasa dan diduga "bekerja untuk layanan Tiongkok dan merugikan Polandia," kata juru bicara layanan khusus Polandia Stanislaw Zaryn.

Menurut media lokal, pengusaha Cina itu diyakini sebagai salah satu direktur cabang Huawei di Polandia.

Zaryn mengidentifikasi pengusaha Cina itu sebagai Weijing W dan tersangka Polandia sebagai Piotr D.

Dia mengatakan apartemen dan tempat kerja mereka digeledah, menambahkan bahwa tersangka Polandia telah bekerja "untuk beberapa lembaga negara".

Outlet media Polandia mengatakan Piotr D dianggap sebagai agen mantan untuk layanan kontra-intelijen ABW Polandia yang sekarang bekerja sebagai konsultan keamanan cyber untuk cabang Polandia dari penyedia telepon seluler Prancis Orange.

Juru bicara Oranye Polska Wojciech Jabczynski mengatakan, "Pejabat ABW membawa barang-barang milik salah satu karyawan kami pada hari Selasa."

"Kami tidak memiliki informasi apakah ini terkait dengan tugas kerjanya," kata Jabczynski kepada AFP.

Penangkapan itu terjadi lebih dari sebulan setelah Kanada menahan Meng atas permintaan ekstradisi AS.

Penangkapan Meng pada 1 Desember membuat geram Cina, yang memperingatkan Kanada akan "konsekuensi serius". Otoritas Tiongkok kemudian menahan dua orang Kanada - mantan diplomat dan konsultan bisnis - karena dicurigai membahayakan keamanan nasional.

Penyedia seluler terbesar di Inggris BT mengatakan bulan lalu bahwa mereka akan menghapus peralatan Huawei dari jaringan selulernya setelah dinas intelijen asing menyebut perusahaan itu risiko keamanan.

Australia dan Selandia Baru juga telah memberlakukan larangan serupa, meninggalkan Kanada satu-satunya negara di jaringan intelijen "Lima Mata" untuk tidak mengambil langkah melawan perusahaan China.

Meng adalah putri pendiri Huawei, Ren Zhengfei. Penangkapannya telah memicu gelombang patriotisme di China dengan perusahaan mendorong staf untuk membeli smartphone Huawei, dengan beberapa perusahaan menawarkan subsidi karyawan untuk membeli ponsel dari perusahaan rumahan.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...