Monday, 29 Apr 2024

Belajar dari Sakit Bupati Kampar Azis Zaenal, Ini Dampak Penyakit Diabetes Bagi Tubuh

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Berita duka tengah menyelimuti masyarakat Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Hal itu setelah Bupati Kampar Azis Zaenal dipanggil oleh Sang Maha Kuasa.

Menjelang wafat, orang nomor satu di Negeri Serambi Makkah Riau ini, sudah cukup lama bergulat menghadapi penyakit diabetes yang diidapnya. Dampak penyakit ini terhadap almarhum, cukup tampak secara fisik. Salah satunya, fisik almarhum Azis Zaenal yang dulu tegap berisi, berangsur-ansur semakin kurus.

Dilansir dari GoldDokter, Departemen Kesehatan Indonesia mencatat, sepanjang tahun 2014 ada 10 juta orang penduduk di Indonesia yang menderita penyakit ini. Saat ini, diabetes telah menjelma menjadi pembunuh nomer ketiga di Indonesia.

Diabetes  adalah penyakit yang dipicu oleh tingginya gula dalam darah dan adanya masalah pada organ pankreas dan gangguan hormon insulin.

Pemicu utama diabetes ialah masalah gaya hidup, seperti sering merokok, jarang berolaharaga, makan makanan tinggi gula, makan tinggi lemak serta kebiasaan kekurangan serat.

Berikut dampak diabetes terhadap tubuh.

- Menyebabkan kerusakan pada Retina Mata. Seseorang yang mengalami diabetes, sering terganggu penglihatannya. Hal itu disebabkan kadar gula yang tingginya bisa memicu penyumbatan di pembuluh darah retina mata. penyakit ini yang kemudian dikenal dengan retinopati diabetik.

- Memicu Serangan Jantung. Gula darah yang tinggi melebihi batas normal bisa memicu plak atau tersumbatnya artri koroner pada jantung. Hal ini bisa memicu tersendatnya aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi sehingga bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

- Memicu Gagal Ginjal. Kandungan gula yang tinggi dalam darah juga bisa mengakibatkan kerusakan jaringan pada ginjal. hal ini membuat fungsi ginjal sebagai penyaring racun, tidak berjalan maksimal. Pada akhirnya bisa memicu kerusakan pada ginjal itu sendiri.

- Kerusakan saraf di seluruh tubuh. Bila berlangsung dalam waktu lama, kadar gula yang tinggi di dalam tubuh bisa mempengaruhi saraf-saraf dalam tubuh. Bahaya yang mungkin terjadi adalah kerusakan sistem pencernaan, sistem kemih hingga masalah difungsi ereksi pada pria.

NEWS24.CO.ID/RED/SIS





Loading...