Monday, 29 Apr 2024

Ketika Udara Delhi Membunuh Ratusan Ribu Anak-Anak Setiap Tahunnya

news24xx


Foto : InternetFoto : Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Yogesh Kumar bernafas dengan lega setelah operasi pengangkatan paru-parunya yang rusak berhasil dilakukan, tetapi dokternya bertanya-tanya berapa lama dia bisa bertahan di luar rumah sakit dengan menghirup udara terkotor di dunia. Saat ini, polusi udara disalahkan atas kematian lebih dari satu juta orang India setiap tahun dan Delhi - yang pada hari Senin memiliki tingkat polusi darurat lebih dari 35 kali batas aman yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia - memiliki udara terburuk di dunia.

Setiap bulan November, bangsal rumah sakit penuh dengan pasien yang terengah-engah setelah kabut abu-abu tebal menghantam dan menyelubungi kota dengan penduduk sekitar 20 juta jiwa tersebut pada hari Senin, 5 November 2018.

"Udara Delhi seperti hukuman mati baginya," kata Srinivas K. Gopinath, seorang ahli bedah toraks di rumah sakit Sir Ganga Ram di ibukota India tempat Kumar yang berusia 29 tahun dirawat.

Ketakutan Gopinath untuk pasiennya, yang selamat dari tuberkulosis sekarang berbalik menjadi rasa kasihan akibat pembunuh tak terlihat tersebut. Polusi udara di India yang kotor dapat memasuki paru-paru dan aliran darah dan melonjak ke tingkat yang paling berbahaya.

Salah satu saat terburuk adalah pada festival Hindu Diwali sebagai asap dari jutaan petasan yang dipicu oleh pesta meriah berbaur dengan pembuangan mobil, emisi pabrik, debu konstruksi dan asap dari kebakaran tanaman di negara-negara terdekat.

Di pinggiran Anand Vihar, tingkat PM2.5 meroket menjadi 908 pada hari Senin. WHO menetapkan 25 sebagai tingkat aman rata-rata yang disarankan. Dan Kumar akan keluar dari rumah sakit sekitar waktu festival pada hari Rabu, 7 November 2018.

"Di dalam (rumah sakit) kualitas udara dipertahankan, tetapi begitu ia keluar, udara buruk akan mulai mempengaruhi dirinya," kata Gopinath kepada AFP. "Ketahanannya lemah. Dia hanya punya satu paru-paru, dain itu sangat berharga. Bayangkan harus mengatasi udara buruk dengan hanya satu paru-paru."

Tapi Kumar tidak  sendirian.

Anak-anak, orang yang lanjut usia dan mereka yang memiliki penyakit pernafasan seperti asma dan TBC paling menderita akibat kabut asap di Delhi, yang berlangsung hingga akhir Februari 2019. Paparan udara beracun telah membunuh ratusan ribu anak setiap tahun, menurut data WHO pada Oktober. Anak-anak bernapas lebih cepat daripada orang dewasa, mengambil dua kali lebih banyak udara yang tercemar ke dalam tubuh kecil mereka.

Ini memiliki efek buruk pada anak-anak di Delhi, kata dokter.

"Seorang anak yang lahir di Delhi telah menghirup udara buruk yang setara dengan merokok 20 hingga 25 batang rokok pada hari pertama hidupnya," kata Arvind Kumar, ahli bedah paru-paru terkenal di Delhi.

Selama bertahun-tahun, dokter bedah itu tanpa lelah berkampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya polusi udara, yang oleh WHO bulan lalu disamakan dengan epidemi tembakau. Dengan alasan untuk kepentngan rumah sakit, akhir pekan ini Arvind Kumar memerintahkan pemasangan paru-paru raksasa buatan yang dilengkapi dengan filter untuk menunjukkan efek merusak dari kabut asap. Banyak pasiennya yang memiliki bekas luka fisik dari menghirup udara Delhi seumur hidup.

"Mereka bukan perokok, tetapi mereka bahkan mereka memiliki paru-paru yang hitam," katanya kepada AFP. "Bahkan remaja memiliki bintik-bintik hitam di paru-paru mereka. Ini menakutkan."

Meskipun kabut asap asap di musim panas muncul kembali setiap musim dingin, upaya resmi untuk memberantasnya tidak efektif. Tindakan darurat seperti melarang konstruksi dan melarang penggunaan generator diesel hanya memiliki sedikit pengaruh.

Harus lebih banyak solusi untuk jangka panjang, meskipun tetap sulit dipahami. Pemerintah negara bagian menolak untuk bekerja sama tentang akar penyebab krisis, seperti petani yang menggunakan api untuk membersihkan lahan mereka di pinggiran Delhi. Gopinath mengatakan polusi perlu ditangani dari sumbernya.

"Namun yang lainnya hanya penutup mata," katanya.

 

 

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV





Loading...