Friday, 07 Aug 2020

Tips Menyimpan Daging Kurban Idul Adha Agar Tahan Lama

news24xx


IlustrasiIlustrasi

NEWS24.CO.ID - Daging kurban yang didapatkan saat Idul Adha tak harus dimasak saat itu juga. Anda bisa menyimpannya untuk keperluan mendatang. 

Agar daging tidak busuk dan tahan lama saat disimpan, ada trik yang harus dilakukan. Karena dengan menyimpan secara asal akan membuat daging mengeluarkan racun. 

Dalam penelitian Centers for Disease Control and Prevention, meyakini salah satu alasannya adalah penyimpanan makanan yang tidak aman menyebabkan makanan mengeluarkan racun dan menyebabkan meninggal dunia. 

Refrigeration and Food Safety menulis penyebab dari keracunan makanan biasanya disebabkan oleh dua bakteri yang memiliki karakter yang berbeda, yaitu bakteri 

Lantas, hal yang kerap menjadi pertanyaan adalah berapa lama sebenarnya daging bisa disimpan dan aman dikonsumsi di dalam freezer?

FoodSafety.gov menulis daging segar aman disimpan selama 3 hingga 5 hari pada suhu 4°C. Namun daging bisa bertahan hingga 6 bulan jika disimpan pada suhu -17°C.

Jika Anda berniat untuk menyimpan sebagian daging itu untuk dimasak pada kesempatan lain, ada beberapa tips yang harus dilakukan saat menyimpan daging di dalam kulkas. Dan dirangkum dari berbagai sumber, berikut caranya:

1. Jangan cuci daging

Jangan mencuci daging mentah. Dikutip dari NBC, semua patogen berbahaya akan mati ketika daging dimasak dalam temperatur panas. Daging yang dicuci justru bisa mengundang bakteri.

Simpanlah daging di wadah tertutup yang aman sehingga tidak bersentuhan dengan makanan-makanan lain.

2. Simpan di freezer

Sebaiknya lapisi lagi dengan kertas foil untuk menjaga kelembaban daging sehingga rasanya tetap segar. Segera simpan di mesin pembeku saat daging masih segar agar rasa dan nutrisinya tetap bertahan.

Sisa daging yang sudah dimasak bisa tahan hingga empat hari di kulkas, sementara bila disimpan di freezer masa tahannya bertambah hingga enam bulan. Jangan lupa untuk mendinginkan dulu masakan panas sebelum memasukkannya ke kulkas atau freezer.

3. Memilih daging yang segar 

Seperti dilansir Healthline, pilihlah daging yang segar. Jangan memilih daging yang sudah berlendir, memiliki bau yang kuat, berwarna coklat tua atau berubah warna.

Anda dapat mengecek kesegaran daging dengan cara menekannya. Apabila daging kembali ke bentuk semula, maka daging tersebut segar. Warna daging segar juga tidak pucat dan beraroma khas seperti daging pada biasanya.

4. Simpan dalam kondisi berbumbu

Membumbui daging atau dimarinasi sebelum disimpan di dalam lemari es dapat membuat daging bertahan lebih lama.

Apalagi jika bumbu yang dipakai adalah kunyit, garam, gula, dan bawang. Bumbu tersebut mengandung zat-antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri pada daging.

5. Masukkan daging ke dalam wadah tertutup

Daging mentah yang tidak diawetkan umumnya hanya bertahan sekitar 3 hari di kulkas. Anda dapat menyimpan daging dalam pembungkus kedap udara dan memberi label tanggal daging tersebut dibekukan sebelum di taruh ke dalam freezer.

Freezer membantu menjaga daging tetap segar dengan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme dan memperlambat aktivitas enzim yang bertanggung jawab atas pembusukan makanan. Daging mentah yang dibekukan dapat disimpan hingga 4-12 bulan.

Pentingnya mencegah daging dari dari paparan udara menurut The Kitchn, adalah dengan menekan pembungkus kedap udara langsung ke atas daging.

Untuk lapisan pelindung tambahan, tambahkan aluminium foil di bagian luar atau segel rapat di dalam kantong pembeku plastik yang dapat ditutup kembali.

6. Perhatikan suhu freezer

Menurut Food and Drug Administration (FDA) AS, seperti dilansir Food Hacks, freezer harus diatur pada suhu 0° F (-18° C).

Dianjurkan agar Anda sering memeriksa suhu freezer bahkan dengan alat termometer murah. Jika freezer Anda lebih dingin, hal itu dapat memudahkan mendinginkan daging Anda.

Tidak seperti sayuran, salah satu manfaat daging beku ialah tidak kehilangan nutrisi karena proses pembekuan yang tidak mempengaruhi mineral atau vitamin A dan D pada daging.

7. Jangan bekukan daging yang telah dicairkan

Menurut NHS, setelah mengeluarkan daging yang dibekukan dalam kulkas, langsung olah semuanya agar tidak ada sisa yang harus dibekukan kembali.

Membekukan kembali daging mentah yang telah dicairkan dapat menurunkan kualitas daging dan membuatnya cepat busuk.

Maka sebelum memasukan ke dalam kulkas, daging dapat dipotong terlebih dahulu, sehingga ketika akan dimasak, Anda hanya perlu mengeluarkan dan mencairkan seperlunya.

Untuk itu, penyimpanan dengan benar akan mempengaruhi kualitas daging, sehingga daging yang disimpan dengan benar dapat terhindar dari bakteri seperti salmonella atau e.coli.





Loading...