Saturday, 20 Apr 2024

Sebanyak 14 Pegawai RSUP Adam Malik Medan Dinyatakan Positif Corona

news24xx


Ilustrasi petugas medis menangani pasien Covid-19. Ilustrasi petugas medis menangani pasien Covid-19.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Setelah dilakukan tes swab, akhirnya diketahui,  Sebanyak 14 pegawai di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Mereka merupakan pegawai medis dan nonmedis di rumah sakit tersebut.

"Tapi enggak semuanya tenaga medis. Dari 14 orang itu, 5 orang diisolasi di Adam Malik, sisanya isolasi mandiri," kata Kepala Subbagian Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak, Kamis (16/7), seperti dilansir CNN Indonesia. 

Rosario mengatakan para pegawai itu tak tertular dari pasien yang dirawat di RSUP Adam Malik.

Mereka diduga terpapar virus corona dari orang lain di lingkungan rumah masing-masing.

"Tertularnya jelas bukan dari pasien. Tenaga nonmedis kan tidak ada kontak dengan pasien Covid-19. Mereka tak melayani pasien Covid-19. Tenaga medis juga setelah kita telusuri karena ada kontak di luar rumah sakit terutama households contact, " ujarnya.

Rosario menyebut para pegawai ini diduga sempat melakukan kontak dengan pasien positif virus corona tanpa gejala dan tak menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

 

"Mereka kan punya kehidupan dan aktivitas di luar rumah sakit. Kemungkinan ada kontak dengan OTG (orang tanpa gejala) dan lengah menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Menurutnya, pegawai RSUP H Adam Malik yang pernah melakukan kontak dengan mereka yang positif virus corona akan menjalani karantina mandiri.

Ia pun kembali meminta para pegawai menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Selain itu akan dilakukan tes lanjutan sesuai protokol yang telah ditentukan. Kami tetap ingatkan agar tertib menggunakan masker, mencuci tangan dan melakukan physical-distancing saat di luar rumah," ujarnya.

N24. 





Loading...
Related News