Thursday, 18 Apr 2024

Lahan di Riau Kembali Terbakar, Asap Tebal Menyelimuti Desa Merbau Pelalawan

news24xx


Dok WAG.Dok WAG.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, PELALAWAN - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi pada Ahad (28/6/2020). Asap tebal menyelimuti Desa Merbau Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan.

Menurut Kepala Desa Merbau, Edi Maskur, yang tengah berada di lapangan menyebutkan lokasi Karhutla ini berada di dekat Tanaman Kehidupan (TNK) PT Arara Abadi tepatnya di Desa Merbau.

“Karhutla diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, di TNK PT Arara Abadi, akibat kebakaran ini terjadi asap pekat membumbung tinggi ke langit,” kata Edi Maskur.

Ia mengatakan tim pemadam kebakaran telah segera turun ke lokasi. Tim pemadaman ini terdiri dari masyarakat setempat, tim pemadaman dari PT Arara Abadi, pihak kepolisian dan TNI. Tim pemadam juga datang dari udara menggunakan helikopter untuk water boming.

Asap tebal begitu pekat membumbung ke udara ditambah dengan tiupan angin. Hal ini disebabkan oleh kondisi lahan bergambut dalam kondisi kering.

Di tempat terpisah, Humas PT Arara Abadi Distrik Sorek, Marhalim, mengaku sudah menurunkan sebanyak 60 orang tim pemadaman ke lokasi. Termasuk dua unit helikopter diupayakan memadamkan api dari udara.

Marhalim belum bisa memastikan lokasi kebakaran apakah berada di konsesi PT Arara Abadi.

“Belum bisa kita dipastikan, lahan yang terbakar ini di konsesi Arara Abadi atau bukan. Namun kita tetap berupaya memadamkan api, dengan menurunkan personel ke lapangan, begitu juga dua helikopter,” kata Marhalim.

Kapolsek Bunut AKP Rohani, saat dikonfirmasi pada malam hari, mengatakan lokasi yang terbakar saat ini tinggal sedikit. Dan tim, dikatakannya masih berupaya untuk memadamkan.

Kapolsek menmperkirakan lahan terbakar lebih kurang sekitar 4 hektar. Ia mengapresiasikan respon dari pihak perusahaan dalam menurunkan tim untuk memadamkan lahan yang terbakar. 

"Pihak perusahaan banyak yang menurunkan helikopternya, ini bukti mereka sigap untuk memadamkan karhutla," sebut AKP Rohani.

Disamping itu beberapa orang petugas Polsek Bunut sudah kita bagi bagi terjun ke lokasi untuk memantau perkembangan.

”Ya, kita lihat saja perkembangannya hingga besok, mudah-mudahan dapat ditanggulangi,” tukas Rohani.

Lokasi karhutla, disebutkan AKP Rohani berada lebih kurang empat kilometer lebih dari jalan lintas Bono. 

"Lokasi Karhutla ini terletak di Perbatasan antara Kecamatan Teluk Meranti dengan Kecamatan Bunut, Desa Merbau tapi informasi yang saya dapat di Desa Pangkalan Terap dan informasinya lagi kejadian Karhutla ini terjadi lebih kurang pukul 11.00 Wib," ujarnya.

"Untuk penyebab kebakaran ini, belum bisa dipastikan. Nanti akan ada penyelidikan lebih lanjut dan akan disampaikan," tutupnya. ***

 





Loading...