Monday, 04 Mar 2024

Gerakan Santri Nderek Kiai Terus Mengalir Untuk Prabowo Gibran

news24xx


Gerakan Santri Nderek Kiai Terus Mengalir Untuk Prabowo GibranGerakan Santri Nderek Kiai Terus Mengalir Untuk Prabowo Gibran
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin masif mendapatkan dukungan dari kalangan pesantren.

Terakhir Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan Jawa Timur, KH. Ahmad Fuad Noerhasan memberikan sinyal kuat mendukung paslon nomor 2.

Hal itu tidak terlepas dari peran Khofifah Indar Parawansa dan TKD Jawa Timur, Boedi Prijo Soeprajitno yang menemui KH. Ahmad Fuad di Ponpes Sidogiri saat harlah SPSI ke-51 di Sidoarjo beberapa waktu lalu.

Usai pertemuan tersebut, mereka berfoto mengacungkan dua jari yang menyiratkan bahwa Pesantren Sidogiri menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

Baca juga : Peduli Gizi Anak Bangsa, Warga Riau Doakan Indonesia Dipimpin Prabowo-Gibran

"Hubungan Bu Khofifah dan komunikasi dengan para kiai di Sidogiri sejak dipimpin oleh Romo Kyai Haji Nawawi Abdul Jalil, itu terjalin baik," ujar Boedi, melalui keterangannya, Selasa (30/1).

"Bahkan saat ini, Bu Khofifah, mendapat suplai dukungan dari Sidogiri ini menambah semangat untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur," sambungnya.

Sebelumnya di Surabaya, ratusan santri mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran. Para santri terdiri dari guru mengaji, madrasah, hingga perwakilan pesantren mengaku mengikuti pilihan kiai yang mendukung paslon nomor 2 tersebut.

"Kami santri Kota Surabaya yang terdiri dari guru ngaji, guru madrasah, dan perwakilan santri pondok pesantren dengan ini menyatakan nderek kiai, ikut memilih pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran menang satu putaran," terang para santri dalam deklarasinya, Kamis (25/1).

Baca juga : Kaukus Muda Beringin: Kader Golkar Tak Solid Dukung Prabowo-Gibran

Fenomena bergabungnya Khofifah Indar Parawansa, yang juga Ketua Umum Muslimat NU, disusul sinyal kuat yang diarahkan Sekjen PBNU, Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul membuat arah dukungan dari kalangan pesantren (santri dan ulama) terhadap Prabowo-Gibran semakin kuat.

Hal itu mendapat sorotan dari Jaringan Mubaligh Muda Indonesia (JAMMI). Koordinator Nasional JAMMI, Irfaan Sanoesi mengatakan bahwa semakin kuatnya dukungan terhadap Prabowo-Gibran tak lepas dari bergabungnya tokoh-tokoh NU.

Menurutnya tokoh-tokoh NU-lah yang menciptakan gerakan 'Santri Nderek Kiai'. Sebuah gerakan yang sudah tersebar ke setiap kelurahan hingga kecamatan di Jawa Timur untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

"Namanya santri ya harus sam'an wa thoatan kepada kiai. Bagian dari ta'zim murid kepada guru. Maka tak heran, meski secara organisasi NU berdiri di atas semua golongan. Tapi secara personal, mereka tetap punya hak politik, punya hak pilih," kata Irfaan saat memberikan keterangan, KamisĀ (1/2/2024).

Baca juga : Ojek Online Siap Galang Sejuta Suara Untuk Prabowo-Gibran

Oleh sebab itu, dia mengemukakan para santri yang menjadi pengikut kiai atau nyai inilah yang menyebabkan derasnya dukungan kepada Prabowo-Gibran.

"Kalau dilihat tak hanya di Jawa Timur gerakan Santri Nderek Kiai ini. Tapi juga tersebar di berbagai daerah baik di Jawa Tengah maupun Jawa Barat," lanjutnya.

JAMMI optimistis gerakan Santri Nderek Kiai dapat memuluskan jalan pilpres dalam satu putaran.

"Maka dari itu, semakin deras dan kuat dukungan dari ulama, santri, dan pondok pesantren. Semakin kuat pemilihan presiden dituntaskan dalam satu putaran. Trend ini akan semakin mendekati kenyataan kalau dilihat dari trend hasil survei yang sudah menembus 50 persen," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...