Monday, 04 Mar 2024

Lewat Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi IAPI Cetak Akuntan Investigator Andal

news24xx


Lewat Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi IAPI Cetak Akuntan Investigator AndalLewat Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi IAPI Cetak Akuntan Investigator Andal
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menggelar prosesi inaugurasi bagi calon pemegang Certified Professional Investigator (CPI).

Prosesi ini merupakan rangkaian puncak dari kegiatan yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme akuntan publik di bidang jasa investigasi.

Acara inaugurasi dihelat pada 6 Desember 2023 di Ballroom Pelangi, Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

Menandai bertambahnya akuntan investigator di Indonesia. Sebelumnya, IAPI menggelar kegiatan Pendidikan dan Sertifikasi Jasa Investigasi Batch ke-5.

Acara yang digelar pada 16 hingga 18 Oktober 2023 itu dimulai dengan serangkaian workshop dan ujian, meliputi pemeriksaan investigatif, penghitungan kerugian negara, serta penggunaan keterangan ahli.

Baca juga : Pemerintah Ajak Seluruh Stakeholder Optimalkan Strategi Komunikasi

Kegiatan berlanjut dengan serangkaian Role Play yang mengantarkan para peserta menuju tahap terakhir, yakni prosesi inaugurasi.

Calon pemegang CPI yang mengikuti acara inaugurasi berjumlah 61 orang.

Terdiri atas 59 orang pemegang CPI dan 2 orang pemegang sertifikat Associate CPI.

Dengan demikian, per hari ini jumlah Akuntan Publik pemegang CPI sebanyak 246 orang.

Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja menegaskan, pencapaian ini membuktikan komitmen, konsistensi, dan kerja keras mereka terhadap pengembangan diri dan profesi akuntan publik di Indonesia.

Baca juga : Pengamat Ungkap Prestasi Jaksa Agung Di Tengah Derasnya Serangan Koruptor

“Tidak hanya memiliki keahlian sebagai akuntan publik, tetapi juga memiliki pengetahuan sebagai akuntan investigator,” ujar Hendang, mengapresiasi. Ketua Komite Jasa Investigasi (KJI)

Jamaludin Iskak berharap peran akuntan publik lebih proaktif dalam menghadapi dan memitigasi risiko dengan melibatkan diri dalam proses dan kegiatan investigasi.

”Keterlibatan para akuntan publik dapat memberikan asurans secara profesional, kompeten, dan independen terhadap permasalahan bisnis, hukum, dan ekonomi dengan perspektif berlandaskan keilmuan dan pengalaman profesi,” jelasnya.

Jamaludin mengatakan, kegiatan Role Play yang dilaksanakan di pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi menyimulasikan pengadilan seolah-olah nyata dengan kehadiran hakim dan pengacara sungguhan.

Hal tersebut dapat membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri para peserta.

Baca juga : MU Perubahan Masifkan Gerakan Di Jawa Tengah Menangkan Anies-Imin

Karena itu, lanjut Jamaludin, pendidikan ini merupakan fondasi penting dalam membangun profesionalisme akuntan publik di bidang jasa investigasi.

Tentu ini menjadi modal berharga bagi pengembangan akuntan publik di masa depan.

"Komite Jasa Investigasi telah menjadi fondasi utama yang melahirkan para pemegang sertifikat CPI di Indonesia. Selanjutnya, IAPI juga berupaya mendidik para pemegang CPI melalui Forum Akuntan Investigator (FAIr),” ujarnya.

Sebagai organisasi, IAPI senantiasa menyokong dan mempromosikan profesionalitas profesi akuntan publik.

“Hari ini, dengan kebanggaan yang mendalam, kita dapat mengatakan bahwa lulusan kita tidak hanya menjadi ahli investigasi yang andal, tetapi juga mendukung integritas dan profesionalisme dalam dunia audit,” ucap Hendang Tanusdjaja, saat memberikan sambutan pada acara inaugurasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...