Monday, 24 Jun 2024

Banyak Manfaatnya Luhut Ingin Anak Anak Indonesia Jago Genomik

news24xx


Banyak Manfaatnya  Luhut Ingin Anak Anak Indonesia Jago GenomikBanyak Manfaatnya Luhut Ingin Anak Anak Indonesia Jago Genomik
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bercerita tentang perjalanannya ke China, baru-baru ini.

Menurutnya, perjalanan kali ini ke China adalah perjalanan yang penuh dengan proses pembelajaran, untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

"Saya hadir langsung ke Beijing Genomics Institute (BGI) di Kota Shenzhen, untuk menyaksikan kerja sama riset Maritim antara Indonesia dan BGI China. Sekaligus menyaksikan 20 mahasiswa Indonesia, yang telah berhasil mengikuti program Workshop Biomedical dan Genomics tahap pertama," papar Luhut via Instagram, Jumat (26/5).

Baca juga : Gandeng Bank Jepang, Pupuk Indonesia Kembangkan Ekosistem Energi Bersih

Workshop ini bertujuan untuk mendorong penelitian dan pengembangan genomik di Indonesia.

Genomik merupakan studi tentang seluruh genome dari suatu organisme, metode ini memiliki sebutan lain "pengurutan DNA" yang dapat membantu melihat semua gen pada tubuh.

Misalnya, memprediksi kanker yang akan muncul di dalam tubuh. Sampai membantu menentukan perawatan yang paling tepat, untuk mematikan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker tersebut.

Baca juga : Kalah Dari Malaysia, Rata-Rata Tinggi Badan Pria Indonesia Cuma 163,55 Cm

Genomik juga dapat dimanfaatkan untuk mempelajari keanekaragaman gen dari suatu populasi tanaman, yang secara langsung dapat meningkatkan hasil produksi tanaman tersebut.

Dalam kesempatan tersebit, Luhut juga bercerita tentang proses yang dilakukan Indonesia, untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

"Trust The Process! Menjaga api semangat untuk keberlanjutan cita-cita, lebih penting daripada mewujudkannya. Karena itulah, keberhasilan para pelajar dari pelatihan ini, akan memunculkan harapan tersendiri di benak saya. Kelak, akan ada lebih banyak lagi anak-anak Indonesia, yang mampu mempelajari ilmu Genomik ini," kata Luhut.

Baca juga : Ranking 1 Dunia, Lebih Dari 70 Persen Pria Indonesia Hobi Merokok

"Syukur-syukur, salah satu dari mereka bisa menjadi pakar Genomik mumpuni, yang akan memperbaiki tata kelola kesehatan dan pangan Indonesia di masa depan," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...