Thursday, 25 Apr 2024

Hadir Di Surabaya Sinema Keliling Dongkrak Perfilman Lokal

news24xx


Hadir Di Surabaya  Sinema Keliling Dongkrak Perfilman LokalHadir Di Surabaya Sinema Keliling Dongkrak Perfilman Lokal
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Festival Film Bulanan kembali menyelenggarakan acara Sinema Keliling, kali ini bekerjasama dengan Universitas PGRI Adi Buana di Surabaya, Jawa Timur.

Sinema Keliling adalah acara bulanan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada sineas lokal untuk memamerkan karya mereka dan mendorong perkembangan industri film di daerah.

Acara ini diadakan pada 12-14 Mei 2023 di GOR Hasta Brata Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Ketua Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Tantra Sakre mengatakan bahwa acara ini merupakan wadah untuk mengumpulkan bakat-bakat di bidang kreatif.

"Kami bangga bisa bekerja sama dengan Kemenparekraf. Program ini luar biasa karena mengumpulkan bakat-bakat muda di daerah untuk memamerkan karya mereka. Kami ingin acara ini menjadi tempat berkumpulnya bakat-bakat muda di bidang kreatif di Surabaya dan sekitarnya," kata Tantra yang juga Ketua Panitia Pelaksana Sinema Keliling Surabaya, dalam keterangannya, Jumat (26/5).

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota, Hadir Di 2 Lokasi

Dengan tema #AyoNontonFilm, Festival Film Bulanan ini mengajak masyarakat untuk terus mendukung film pendek Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Direktur Musik, Film, dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mohammad Amin. Turut dihadiri oleh perwakilan Pendiri Festival Film Bulanan Vera Damayanti dan Wakil Rektor IV Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Untung Lasiyono.

Selanjutnya, dilangsungkan "Dialog Senja" yang dihadiri oleh Wiwiek Widayati, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, serta Ika Ismurdyahwati, Dosen Senior Program Studi Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Dalam acara Sinema Keliling ini juga digelar forum diskusi. Ketua Surabaya Creative Network, Hafshoh Mubarak, yang menjadi moderator diskusi membahas peran film pendek dalam dunia pariwisata dan ekonomi kreatif.

Jumlah pengunjung Sinema Keliling di Surabaya mencapai lebih dari 600 orang. Terdiri dari mahasiswa, komunitas film, dan masyarakat umum.

Baca juga : SIM Keliling Depok Kamis 25 Mei, Hadir Di 2 Lokasi

Sebanyak 19 film diputar dalam acara Sinema Keliling kali ini. Pada hari pertama, ditampilkan film-film seperti "Bersama Membangun Negeri," "Burung Cikalang Christmas di Teluk yang Riuh," "Semayam," "Maramba," dan "Jiwa."

Pada hari kedua, ditampilkan film-film seperti "Gemintang," "Cerita di Waktu yang Salah," "Memorabilia," "Pesen Pungkasan," "Bapak Tidak Pulang Hari Ini," "Perspective," dan "Badut - Everyone Has A Purpose."

Pada hari terakhir, ditayangkan film-film seperti "Menyisir Pesisir Gili Ketapang," "Waiting For Your Phone Call," "Jagat," "Bagurau," "Dua Sisi," "Nada Perdjuangan," dan "Selendang."

Selain pemutaran film, Sinema Keliling juga menampilkan stand up comedy, pertunjukan kesenian, dan melibatkan UMKM dalam acara tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan pengembangan industri perfilman, diperlukan kerja sama dan dukungan dari berbagai sektor.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 24 Mei, Hadir Di 2 Lokasi

“Ini bukan hanya tugas sineas, komunitas film ataupun pemerintah. Tapi juga tugas kita bersama sebagai masyarakat. Dengan menonton film karya anak bangsa, kita ikut andil dalam mengembangkan ekosistem perfilman Indonesia," ujarnya. 

Banyak tanggapan positif mengalir di acara Sinema Keliling digelar. Salah satunya datang dari Fian, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional. Ia berharap agar generasi muda terus aktif dalam berkarya.

"Sinema Keliling tidak hanya hadir di satu wilayah, tetapi di berbagai wilayah. Akhirnya, semakin banyak orang yang mengenal film pendek dan semakin banyak generasi muda yang berkarya melalui film," kata Fian.

Sinema Keliling ini nggak hanya ada di satu wilayah tapi ada di berbagai wilayah, dan pada akhirnya semua orang tahu mengenai film pendek dan makin banyak lagi generasi muda yang berkarya lewat film," kata Fian. 

Salah satu UMKM yang membuka booth di Sinema Keliling juga memberikan apresiasinya. "Kegiatan ini sangat menarik, ada pertunjukan dari film dan kesenian. Dengan mengikuti Sinema Keliling Ziwafa tentunya bisa lebih dikenal banyak orang," ujar Mufid perwakilan UMKM Ziwafa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...