Monday, 04 Mar 2024

Dibocorin Mendagri Ini 4 Cara KKB Papua Dapat Pasokan Senjata Dan Amunisi

news24xx


Dibocorin Mendagri  Ini 4 Cara KKB Papua Dapat Pasokan Senjata Dan AmunisiDibocorin Mendagri Ini 4 Cara KKB Papua Dapat Pasokan Senjata Dan Amunisi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Banyak yang penasaran, bagaimana Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua mendapatkan pasokan senjata? Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ternyata punya bocorannya.

Seperti diketahui, Papua bagi Tito bukanlah tempat yang asing. Ia pernah sekitar 2 tahun menjabat sebagai Kapolda di sana. Yakni dari tahun 2012 sampai 2014. 

"Saya pernah jadi Kapolda di sana (Papua), setahu saya ada beberapa kasus tapi tidak banyak," ujar Tito, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (25/5).

Simak berikut ini selengkapnya: 

Baca juga : Dulu Liburan, Sekarang Mandi Cara Raisa Buat Manjakan Diri

Tito bilang senjata yang kini dimiliki oleh KKB Papua sebagian dipasok secara ilegal dari negara yang masih satu daratan dengan Papua, yakni Papua Nugini. Meskipun, kata Tito, jumlahnya tidak banyak.

Ia menjelaskan, senjata tersebut bisa masuk melalui jalur-jalur darat, menyebar dari perbatasan di wilayah Jayapura hingga Merauke. Termasuk lewat jalur tikus perbatasan Papua-PNG.

Selain dipasok secara ilegal dari negara tetangga, senjata KKB ternyata juga merupakan hasil rampasan dari aparat keamanan.

Perampasan senjata hingga amunisi milik aparat keamanan ini, kata Tito, biasanya dilakukan setelah kontak tembak selesai.

Baca juga : Hartanya Melonjak, Irna Narulita Pastikan Tak Ada Penambahan Aset

"Sebagian besar senjata-senjata itu adalah senjata rampasan dari aparat yang lengah," ungkap Tito.

KKB Papua ternyata juga cukup jeli melihat peluang mendapatkan senjata dari daerah-daerah yang sudah sebelumnya pernah berkonflik. Misalnya dari Ambon.

Mantan Kapolri ini menilai bahwa masih banyak sisa-sisa senjata masa konflik yang masih disimpan. Tidak dimusnahkan.

"Senjata-senjata itu banyak yang sudah selesai konflik. Itu kan masih disimpan, itu dijual oleh yang berkonflik," tutur Tito.

Baca juga : Berpeluang Menang, Ini Saran Buat Prabowo

Tito menegaskan, Filipina adalah salah satu pemasok utama senjata api yang digunakan oleh KKB.

Adapun negara yang berbatasan langsung dengan Pulau Miangas, Sulawesi Utara itu memang terkenal memiliki home industry atau industri rumah tangga untuk senjata dengan kualitas bagus.

"Itu ada yang masuk lewat jalur-jalur laut, ada juga yang melalui jalur udara. Kan ada pilot yang ditangkap itu," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...