Thursday, 02 Feb 2023

Kekurangan Vitamin B12 Dapat Sebabkan Kesemutan di Tangan dan Kaki

news24xx


Kekurangan Vitamin B12 Dapat Sebabkan Kesemutan di Tangan dan KakiKekurangan Vitamin B12 Dapat Sebabkan Kesemutan di Tangan dan Kaki
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan permanen yang tidak dapat dipulihkan kembali. Untungnya, kekurangan vitamin B12 tidak benar-benar tanpa gejala sama sekali.

Ada tanda di tangan yang bisa mengindikasikan kekurangan vitamin B12. Express.co.uk menyebut sensasi kesemutan di tangan atau kaki bisa menjadi tanda kurangnya vitamin B12.

Kesemutan utamanya terjadi saat terlalu lama duduk, atau saat menjadikan tangan sebagai tumpuan tidur.

Dilansir TribunHealth.com, berikut ini uraiannya.

Berkembang lambat

Harvard Medical School menjelaskan bahwa kekurangan vitamin B12 bisa lambat berkembang. Hal ini dapat menyebabkan gejala muncul secara bertahap dan tumbuh dalam intensitas dari waktu ke waktu. Namun, onsetnya juga bisa relatif cepat.

Sebabkan sensasi kesemutan

Salah satu tanda utama yang harus diperhatikan adalah sensasi "aneh" di tangan, sebagaimana dilansir Express.co.uk. Kekurangan vitamin B12 bisa memicu mati rasa atau kesemutan di tangan, yang sekaligus menjadi tanda yang perlu diwaspadai.

Area tubuh lain yang juga dapat terpengaruh oleh sensasi ini termasuk kaki. Menurut NHS, tanda ini juga dikenal sebagai pin and needles atau paresthesia.

NHS menjelaskan bahwa gejala ini terjadi ketika suplai darah ke saraf terputus. Ini biasanya terjadi ketika seseorang duduk atau meniduri area tersebut.

Kesemutan dapat dikurangi dengan menghilangkan beban dari bagian tubuh yang sakit.



Read More : 6 Jenis Minuman yang Baik Dikonsumsi Selepas Berolahraga

Bukan satu-satunya gejala

Sementara pin dan jarum bisa menunjukkan defisiensi vitamin B12, ini bukan satu-satunya gejala yang mengisyaratkan kondisi tersebut.

***





Loading...