Monday, 05 Dec 2022

Perawatan Gusi Bengkak dan Gigi yang Sudah Goyang pada Penderita Diabetes Melitus

news24xx


Perawatan Gusi Bengkak dan Gigi yang Sudah Goyang pada Penderita Diabetes MelitusPerawatan Gusi Bengkak dan Gigi yang Sudah Goyang pada Penderita Diabetes Melitus
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Penderita diabetes melitus tentu saja perlu kontrol gula darah karena kondisi kesehatan tubuh.

Kondisi kesehatan umumnya harus dalam kondisi terkontrol di bawah pengawasan dokter ahli terkait.

Karena diabetes hanya bisa dirawat, tetapi disembuhkan secara total menjadi sesuatu yang tidak biasa terjadi.

Penyakit diabetes hanya bisa dirawat, diatur pola kesehariannya, apabila perlu rutin konsumsi obat maka harus dilakukan.

Misalkan harus menggunakan injeksi juga harus dilakukan dan semuanya harus di bawah pengawasan dokter.

Baca juga: Cici-ciri Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia dengan Diabetes Melitus

Tidak diperbolehkan menghentikan sendiri dan tidak boleh melakukan dengan bebas, harus di bawah pengawasan dokter internis terkait.

Terkait kesehatan gigi dan mulut, tentu saja karena rongga mulut menjadi sedemikian peka maka persoalan oral hygiene menjadi utama.

Pembersihan seluruh permukaan rongga mulut perlu dilakukan secara rutin, wajib dilakukan setelah makan dan minum selain air putih.

Karena rongga mulut bagi para penderita diabetes sedikit lebih peka, sementara penyembuhan luka pada penderita diabetes biasanya lebih lambat dibanding yang sehat, maka diusahakan jangan sampai terluka.

Disarankan untuk menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan usahakan menggunakan sikat gigi berujung bulat, jangan yang tajam sehingga tidak melukai gusi.

Baca juga: Ketahui Ragam Masalah Gigi dan Rongga Mulut pada Penderita Diabetes Melitus

Lakukanlah dalam waktu lama, kemudian berkumur dan dilakukan pembersihan ulang.

Sehingga kondisi rongga mulut benar-benar bersih, tetapi jangan sampai melukai jaringan lunak semisal gusi agar tidak memicu kejadian proses infeksi lanjut yang belum tentu mudah disembuhkan.

Tetapi di luar itu yang paling penting adalah menjaga kesehatan umumnya, tidak boleh lengah dan tidak boleh mengabaikan karena diabetes merupakan penyakit kronis yang prognosisnya akan memburuk apabila tidak dirawat dengan semestinya

Ini disampaikan pada channel YouTube Tribunnews bersama dengan drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati. Seorang dokter gigi.

(TribunHealth.com/Putri Pramesti Anggraini)

Sumber : TRIBUNNEWS.COM





Loading...