Monday, 05 Dec 2022

Tanda Gerakan Janin Menjelang Kelahiran, Pasti Bumil Merasakannya

news24xx


Tanda Gerakan Janin Menjelang Kelahiran, Pasti Bumil MerasakannyaTanda Gerakan Janin Menjelang Kelahiran, Pasti Bumil Merasakannya
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Gerakan janin di dalam kandungan cukup membuat ibu hamil merasa bahagia karena bisa merasakan kehidupan si buah hati. Meski ibu harus menahan berbagai keluhan tubuh saat mengandung. Tanda gerakan janin menjelang persalinan akan semakin terasa oleh bumil.

Melahirkan adalah perjuangan berat seorang perempuan. Menjelang persalinan, ternyata bayi juga melakukan persiapan secara alami untuk terlahir ke dunia.  Bayi atau janin akan melakukan gerakan-gerakan tertentuk sebagai mekanisme memperlancar kelahirannya. 


Read More : Pecinta Bruce Lee Bersiaplah, Film Biografi Bruce Lee akan Diproduksi,Sang Sutradara Bukan Kaleng-Kaleng

Tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan
Ibu hamil bisa merasakan tanda-tanda gerakan janin menjelang persalinan. Gerakan yang dilakukan oleh bayi dalam kandungan merupakan proses pertumbuhan untuk beradaptasi menyambut lingkungan baru. 

Berikut ini tanda-tanda janin akan lahir yang bisa dirasakan dengan jelas oleh ibu hamil. 

Bayi Mulai Turun
Menjelang waktu kelahiran bayi, ibu hamil akan merasakan posisi bayi yang mulai turun. Bahkan bayi melakukan gerakan turun selama beberapa minggu sebelum persalinan. Namun posisi menurunnya akan semakin terlihat pada saat detik-detik kelahiran. 

Posisi bayi yang menurun atau berada lebih rendah di perut membuat bumil akan merasa kesulitan berjalan hingga mulas. Jika mengalami kondisi demikian, itu berarti bayi sudah berada di panggul.

Latihan Pernapasan
Tanda lain gerakan janin menjelang persalinan adalah latihan bernapas. Bayi berlatih pernapasan sebagai bentuk adaptasi dengan lingkungan baru. Geraka yang dilakukan bayi saat kondisi ini adalah dengan menghirup cairan ketuban di hidung dan mulutnya. 

Kondisi ini tidak perlu bumil khawatirkan karena memang itu mekanisme alami sistem pernapasan bayi. Jika bumil sering mengalami kontraksi, itu menandakan bayi sedang berlatih pernapasan.  

Detak Jantungnya 
Tanda selanjutnya dari gerakan janin menjelang kelahiran adalah detak jantungnya berfluktuasi. Jadi tidak hanya ibu hamil yang mengalami kondisi jantung naik turun, bayi pun juga mengalami hal yang sama. 

Aktivitas dan istirahat bumil menentukan kenaikan dan penurunan detak jantung. Menjelang persalinan, dokter akan memeriksa kondisi detak jantung bayi. Fluktuasi dinyatakan aman bila berkisar antara 110-160 denyut per menit. 

Bayi Menggerakkan Kepala
Janin yang menjelang kelahiran akan menggerakkan kepalanya. Gerakan ini merupakan sistem alami bayi untuk memberikan tekanan kepada serviks. Pada waktu ini, leher rahim akan mulai membesar. Gerakan kepala janin cukup krusial sebagai pembukaan jalan lahir si bayi. 



Read More : Tips Meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis bagi Guru

Pendengaran Semakin Peka
Indera pendengaran bayi sudah mulai aktif dan berkembang pada saat berada di dalam kandungan. Salah satu tanda gerakan janin menjelang kelahiran adalah semakin meningkatnya pendengaran bayi. Bayi di dalam kandungan bisa mendengar lebih jelas terhadap suara-suara. 

Oleh karena itu, bumil atau orang tua disarankan untuk sering berkomunikasi dengan janin sejak masih di dalam kandungan. Komunikasi dan interaksi dengan janin akan membuat bayi memperoleh preferensi orang tuanya. 

Selain itu, bayi juga sudah mulai belajar dengan bahasa komunikasi. Sebuah penelitian juga menunjukkan jika bayi bisa membedakan bahasa ibunya lebih baik dibanding bahasa lain yang  belum pernah ia dengan saat di dalam kandungan. 

Kehilangan Pelindung
Janin di dalam kandungan terselaputi dengan cairan ketuban. Saat menjelang persalinan, cairan ketuban mengalami perubahan. Air ketuban yang selama ini menyelimuti bayi akan pecah, sehingga pelindung bayi jadi berkurang. 

Itulah tanda gerakan janin menjelang persalinan yang bisa dirasakan oleh ibu hamil. Bumil harus selalu menjaga pola makan, porsi istirahat, dan pikiran positif, untuk memperlancar proses persalinan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.





Loading...