Monday, 03 Oct 2022

Kenali 6 Tanda Metabolisme Tubuh Lambat

news24xx


Kenali 6 Tanda Metabolisme Tubuh LambatKenali 6 Tanda Metabolisme Tubuh Lambat
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Seiring dengan pertambahan usia, metabolisme tubuh mengalami perubahan. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, menyatakan bahwa kadar hormon tiroid rendah biasanya berkorelasi dengan metabolisme yang lambat.

Berdasarkan penjelasan dokter Joel Fuhrman, dilansir Bustle, Kamis, 18 Agustus, metabolisme melambat berarti tubuh tak bekerja keras dalam membakar kalori dan mungkin lebih sedikit mengalami stres. Tanda lebih subtil lagi, berikut yang umumnya dirasakan ketika metabolisme tubuh melambat sepertidilansir dari VOI, Kamis, 18 Agustus 2022.


Read More : Sadari Gangguan Mental Emosional Sejak Dini, Ini Pengertian, Pemicu, dan Gejalanya

1. Terus merasa lelah
Metabolisme lambat, mungkin berhubungan dengan kurangnya olahraga. Dengan begitu Anda lebih sering merasa lesu. Kata psikolog Nicole Martinez, Anda merasa lesu, bergerak lambat, dan lelah sebagai tanda-tanda metabolisme melambat.

 
2. Berat badan tidak stabil
Nikki Ostrower, ahli nutrisi, menjelaskan bahwa perubahan berat badan bisa jadi tanda berkaitan dengan kesehatan. Berat badan yang mudah naik dan sulit menurunkannya, bisa karena metabolisme tidak dapat membakar kalori untuk diolah menjadi energi. Sebaliknya, tubuh menghasilkan lebih banyak lemak. Tentu tak ada yang salah dengan hal ini apabila berat badan ideal, tetapi membutuhkan upaya untuk bergerak lebih banyak dengan tujuan menurunkan berat badan.

3. Menstruasi tidak teratur dan rambut rontok
Dua tanda ini bisa jadi berkaitan, tetapi bisa dialami terpisah sebagai tanda metabolisme tubuh melambat. Pada perempuan yang siklus menstruasinya tidak teratur, direkomendasikan untuk memeriksakan diri ke obgyn. Kemungkinan besar, gejala menstruasi yang tidak teratur dan rambut menipis merupakan gejala metabolisme yang lebih lambat karena hormon tiroid rendah.

4. Intoleransi makanan
Apabila Anda alergi atau intoleran terhadap jenis makanan tertentu, perlu menghindari mengonsumsi makanan tersebut. Jika tidak memperhatikan intoleransi makanan Anda, mungkin bisa merusak metabolisme tubuh. Tubuh juga bisa lebih parah kondisinya karena kelompok makanan tertentu. Menruut Ostrower, ini menyebabkan tubuh Anda panik.



Read More : Pesan Penting Dokter Spesialis ke Orang Tua: Anak Punya Metabolisme Tinggi, Asupan Air Jangan Sampai Kurang



5. Kulit lebih kering dan pucat
Karena kadar tiroid membantu mengatur metabolisme, ketika tingkat produksi lebih rendah dapat membuat kulit dan rambut terlihat kusam serta kering. Menurut Ostrower, identifikasi aktivitas sebelum kulit lebih kering. Jika Anda tak melakukan aktivitas tertentu atau perawatan tertentu, kemungkinan disebakan metabolisme lambat.

6. Diet tidak berhasil
Salah satu tujuan diet ialah untuk menurunkan berat badan. Tetapi apabila diet telah dilakukan dan berat badan tidak turun, bisa sebagai tanda mengalami penurunan metabolisme. Kata Martinez, jika Anda makan dengan sangat sehat tetapi masih tidak bisa menurunkan berat badan, ini menunjukkan tanda-tanda metabolisme yang lambat.

Itulah keenam tanda metabolisme tubuh melambat. Tanda tersebut jarang disadari, oleh karena itu perhatikan lebih detail lagi apa-apa saja yang tanda yang berkaitan dengan metabolisme.





Loading...