Friday, 02 Dec 2022

4 Tempat Bersejarah Gratis di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya, memiliki banyak tempat bersejarah yang layak untuk dikunjungi. Kota ini terkenal sebagai kota pahlawan untuk menghormati para pejuangnya melawan pasukan Belanda dan Jepang untuk kemerdekaan Indonesia.


Read More : 5 Tempat Liburan Ranch yang Wajib Dikunjungi untuk Keluarga di Jabodetabek

Berikut empat destinasi wisata di kota yang menawarkan tiket masuk gratis:

1. Kota Tua atau Kota Tua

Seperti dikutip dari laman kota bangga.surabaya.go.id, Kota Tua terletak di Surabaya Utara. Wisatawan dapat mengalami wisata arsitektur di daerah ini yang telah dirubah pada tahun 2018 untuk melestarikan situs warisan budaya.

Pengunjung dapat berfoto di banyak tempat dengan pemandangan arsitektur vintage dan klasik, termasuk di Jembatan Merah atau jembatan merah. Meski tidak dikenakan biaya masuk, namun biaya parkir dikenakan Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

2. Tugu Pahlawan or the Heroes Monument

Salah satu wisata sejarah yang wajib dikunjungi di kota ini adalah  Tugu Pahlawan yang terletak di Jalan Pahlawan. Situs ini populer dan menjadi ikon kota. Tidak ada biaya masuk untuk semua pengunjung kecuali pada 10 November, Hari Pahlawan Nasional, sebesar Rp 5.000.

3. HOS Tjokroaminoto Museum

Museum ini dulunya merupakan kediaman para pahlawan nasionalis, yaitu Ir. Soekarno, Samaoen, Alimin, Darsono dan Tan Malaka. Nama tersebut diambil dari nama guru bangsa, HOS Tjokroaminoto. Banyak tokoh besar yang belajar dan berdiskusi dengannya bahkan tinggal di rumah itu.

Museum ini terletak di Jalan Peneleh Gg, VII No. 29 – 31 Peneleh, Genteng.



Read More : Keindahan Pulau Kumala, Wisata Tenggarong Yang Nyaman Untuk Liburan Keluarga

4. Dr. Soetomo Museum

Museum Dr. Soetomo didirikan untuk mengenang pejuang dan pendiri organisasi gerakan kemerdekaan pertama di Indonesia, Budi Utomo.

Terletak di Kompleks Pendopo Gedung Nasional Indonesia (GNI), di Jalan Bubutan No. 85 – 87, museum ini memamerkan 328 koleksi alat kesehatan kuno dan foto.





Loading...