Saturday, 20 Aug 2022

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Luar Biasa Diet Mediterania untuk Ibu Hamil

news24xx


Foto : Manfaat diet Mediterania untuk ibu hamilFoto : Manfaat diet Mediterania untuk ibu hamil
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Sebuah studi dilakukan pada 8.000 perempuan yang konsumsi sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan biji-bijian, menemukan bahwa risiko gangguan tekanan darah menurun hingga 20 persen.

Studi yang dilakukan John Hopkins Medicine, dilansir laman John Hopkins University, Jumat, 15 Juli, melibatkan perempuan dengan beragam ras untuk membuktikan potensi dan manfaat diet Mediterania.

Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang berpotensi merenggut nyawa.

Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan ketakseimbangan organ pada trimester akhir kehamilan atau setelah melahirkan. Di Amerika Serikat, preeklamsia terjadi pada sekitar 2-6 persen perempuan dan dua kail lebih sering dialami perempuan berkulit gelap dibanding kelompok ras lainnya.


Read More : 7 Alasan Kenapa Cokelat Hitam Baik untuk Kesehatan

Sebuah laporan pada studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, menemukan bahwa wanita yang melaporkan diri makan makanan gaya Mediterania memiliki risiko 20 lebih rendah atau pengurangan risiko terkena preeklamsia.

Bahkan setelah memperhitungkan berbagai faktor risiko lainnya, risiko preeklamsia menurun.

Diet Mediterania sebagian besar dengan menu makan berbahan sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian, daging merah, dan makanan olahan dalam jumlah yang sangat terbatas. Diet ini selama satu dekade diteliti manfaatnya untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penulis utama pada studi ini, Anum Minhas, mengatakan bahwa temuan baru ini bisa jadi rekomendasi untuk mengurangi penurunan angka kematian ibu (AKI) dengan pola makan yang sehat.



Read More : Alasan Mengapa Jojoba Oil Jadi Pelembab Terbaik Untuk Kulit

Sebanyak 10 persen dari perempuan yang mengikuti survei penelitian ini, atau sejumlah 848, mengembangkan preeklamsia.

Faktanya, perempuan yang ketika memasuki masa kehamilan dengan tekanan darah tinggi kronis, memiliki risiko preeklamsia dibandingkan dengan perempuan hamil tanpa riwayat hipertensi sebelumnya. Sedangkan perempuan dengan diabetes dan obesitas, berisiko dua kali lipat mengalami preeklamsia dibandingkan perempuan tanpa kondisi ini.

Selain bermanfaat menurunkan risiko preeklamsia, diet Mediterania juga menyehatkan tubuh.

Noell Mueller, profesor di John Hopkins Bloomberg, uji klinis masih diperlukan untuk mengevaluasi manfaat diet Mediterania pada beragam kelompok perempuan hamil. Karena perlu diteliti faktor eksternal, termasuk faktor ekonomi selain juga faktor biologis seperti genetik pada kelompok ras.  ***





Loading...
Related News