Wednesday, 24 Apr 2024

Ahli Epidemiologi Sebut Ini Penyebab Lonjakan Covid-19

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Ahli epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman memaparkan penyebab melonjaknya kasus COVID-19 , khususnya di Jakarta. Yang pertama adalah imunitas masyarakat yang terlihat dari cakupan vaksinasi.

"Dalam hal ini, kita harus mengacu pada vaksinasi dosis ketiga, terutama jika berbicara tentang subvarian Omikron BA.4 dan BA.5," kata Dicky melalui pesan suara, Rabu 15 Juni. 2022.


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

Kedua, intervensi kesehatan masyarakat, seperti penggunaan masker dan kebijakan yang ketat, tambah Dicky yang juga peneliti keamanan kesehatan global. Artinya, kuat dan lemahnya intervensi akan mempengaruhi tren penyakit, termasuk upaya deteksi infeksi untuk mencegah risiko penularan.

Ketiga, perubahan karakter virus. Dicky mengatakan subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 telah dikategorikan sebagai varian yang menjadi perhatian.



Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya



Namun, ketika berbicara tentang penyebab dominan mana, Dicky menggarisbawahi bahwa data surveilans diperlukan, dengan alasan lonjakan kasus ini menjadi sesuatu yang dapat diprediksi, apalagi dua subvarian terbaru lebih menular daripada yang sebelumnya.

Lebih lanjut Dicky mengemukakan bahwa yang perlu diwaspadai adalah tingkat keparahan dan tingkat kematiannya. Jika Omicron BA.4 dan BA.5 lebih mematikan daripada subvarian sebelumnya, vaksinasi COVID-19 dosis ketiga dapat dipercepat atau bahkan dosis keempat jika diperlukan.





Loading...