Friday, 26 Apr 2024

FAO Desak One Health Cegah Penyakit Zoonosis

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta semua negara menerapkan pendekatan One Health untuk mencegah, mendeteksi, dan mengendalikan penyakit zoonosis yang muncul pascapandemi COVID-19 yang mengancam. kesehatan, kesejahteraan, dan ekonomi semua masyarakat.

“Kami tidak akan mencegah pandemi di masa depan tanpa One Health, karena One Health adalah bagian penting dari pencegahan dan penanganan limpahan dari hewan ke manusia,” kata Chief Veterinary Officer FAO Keith Sumption di acara G20 One Health Side Event bertajuk “Implementing One Health to Mewujudkan Jaminan Kesehatan untuk Stabilitas Ekonomi".


Read More : Mamangbet Situs Paling Bagus Depo 5000 Aja Jepe Terus

Menurut Sumpton, memastikan pendekatan One Health di tingkat global, regional, dan negara sangat penting untuk kemajuan dalam mengendalikan penyakit zoonosis, mengatasi resistensi antimikroba (AMR), dan memastikan makanan yang aman dan bergizi untuk semua orang. 

“Sangat penting untuk memasukkan One Health sebagai bagian dari arsitektur kesehatan global, yang merupakan salah satu prioritas presidensi G20 Indonesia,” tambahnya.



Read More : Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Lahan Terbatas, Mulai dari Pembenihan hingga Panen

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada kesempatan tersebut menekankan perlunya kolaborasi internasional yang mendesak untuk mencegah dan mengatasi pandemi di masa depan secara berkelanjutan melalui One Health sebagai pendekatan jangka panjang, berkelanjutan, dan berkelanjutan.

“Tidak ada kesehatan tanpa One Health,” kata Sumpton dalam sambutan pembukaannya.

Dalam mendukung pemulihan keamanan kesehatan global akibat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, negara-negara anggota G20 merefleksikan Lombok One Health Brief yang menetapkan sepuluh rekomendasi untuk memperkuat dan mengarusutamakan pendekatan tersebut di semua tingkatan. Salah satunya mendesak G20 untuk merangkul One Health Joint Plan of Action (JPA) sebagai kerangka operasional untuk mencapai target dan prioritas nasional intervensi One Health.





Loading...