Thursday, 02 Feb 2023

5 Candi yang Wajib Dikunjungi di Indonesia Selain Borobudur

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Rencana kenaikan tiket masuk Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah menjadi Rp750.000 bagi wisatawan lokal memicu protes masyarakat. Meskipun diskusi tentang kebijakan harga baru ditunda, wisatawan tidak perlu khawatir karena Indonesia memiliki banyak candi luar biasa lainnya.

Berikut lima candi di Indonesia yang tidak boleh dilewatkan wisatawan:

1. Candi Prambanan 

Dibangun pada pertengahan abad ke-9, Candi Prambanan merupakan candi agama Hindu terbesar di Nusantara. Candi ini terletak di Kabupaten Sleman, namun lebih dekat ke Klaten daripada Kota Yogyakarta.


Read More : Camat Tanjung Baru Intervensi Pemilihan BPRN Nagari Tanjuang Alam, Tanah Datar

2. Candi Sewu

Terletak di Klaten, Jawa Tengah, Candi Sewu terkait dengan legenda populer Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Untuk membuktikan cintanya kepada sang putri, Bandung Bondowoso diminta membangun 1.000 candi hanya dalam satu malam. 

Singkat cerita, ia hanya berhasil membangun 999 candi dan kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi yang ke 1000. Itulah sebabnya candi ini diberi nama Sewu dalam bahasa Jawa yang artinya seribu.

3. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko terletak di dekat Candi Prambanan. Wisatawan dapat mencapai tangga teratas untuk menikmati matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan. 



Read More : 3 Tukang Ojek Dibunuh KKB di Pegunungan Bintang Papua, Danrem 172/PWY: Mereka Bukan Intelijen

4. Candi Muara Takus 

Tidak hanya Jawa yang memiliki candi-candi yang indah. Di Riau berdiri Candi Muara Takus, peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

5. Candi Muaro Jambi  

Mirip dengan Muara Takus, Candi Muaro Jambi konon merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi dengan luas wilayah sekitar 3981 hektar, menjadikannya sebagai kompleks candi Hindu-Budha terbesar di Asia Tenggara.





Loading...