Monday, 27 Jun 2022

6 Manfaat Mengonsumsi Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Buah sawo diduga berasal dari Amerika Tengah dan India Barat lalu menyebar ke sejumlah negara di antaranya Filipina, Meksiko, dan Indonesia. Di India, sawo ditanam di banyak negara bagian yakni Karnataka, Gujarat, Maharashtra, Tamil Nadu, Benggala Barat, dan Andhra Pradesh. Varietas sawo di India memiliki nama yang lucu yakni Kali Patli, Bola Kriket, BaramatiPili PatliDwarapudi, dan Chhatri.

Sawo dikonsumsi sebagai salad. Bisa juga dicampur ke dalam susu atau yoghurt dan dijadikan smoothie. Cara terbaik memakan buah ini adalah dikupas kulitnya. Setelah itu langsung dikonsumsi. Berikut 6 manfaat buah sawo yang dilansir dari NDTVFood, Senin, 8 Februari.

Kaya vitamin A dan C

Buah sawo sangat kaya akan vitamin, terutama vitamin A dan C. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, sedangkan vitamin C sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, merawat kesehatan kulit, membunuh radikal bebas, serta mencegah gangguan jantung.


Read More : Menurut Studi, Aroma Vanilla Membantu Menenangkan dan Mengurangi Kecemasan

Tingkatkan energi

Kandungan fruktosa dan sukrosa alami pada sawo dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh. Jika Anda memiliki jadwal kesibukan padat seharian, Anda bisa mengonsumsi buah sawo sebagai penambah energi.

Anti inflamasi

Sawo memiliki kandungan tannin tinggi yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan. Peradangan bisa memicu beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Konsumsi sawo secara teratur bisa mengurangi penyakit tersebut.

Atasi sembelit

Sawo juga memiliki manfaat dapat mengatasi sembelit. Serat pada sawo berguna sebagai pencahar.



Read More : Suka dengan Makanan dan Minuman Manis? Ini 5 Tanda Anda Kecanduan Gula

Sumber antioksidan

Selain kaya akan serat dan vitamin, sawo juga memiliki kandungan antioksidan. Oleh karena itu, rajin mengonsumsi sawo dipercaya dapat mencegah jenis kanker tertentu seperti kanker rongga mulut.

Mengontrol tekanan darah

Buah sawo juga bermanfaat sebagai pengontrol tekanan darah. Magnesium dalam sawo dipercaya dapat menjaga pembuluh darah tetap aktif, sedangkan kalium mampu mengatur tekanan darah dan sirkulasi. Buah sawo juga bermanfaat untuk mengobati anemia sebab kaya akan zat besi.





Loading...